EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF PADA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK DI BAZNAS KOTA PALEMBANG

Fitriyadi, NIM. 642016011 (2020) EFEKTIVITAS PENDAYAGUNAAN ZAKAT PRODUKTIF PADA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK DI BAZNAS KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
642016011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88MB) | Preview
[img] Text
642016011_BAB II_SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89MB)

Abstract

Fitriyadi (64.2016.011). Skripsi Dengan Judul Efektivitas Pendayagunaan Zakat Produktif Pada Pemberdayaan Ekonomi Mustahik di Kota Palembang. Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2019. Skripsi ini bertujuan menjelaskan konsep pendayagunaan Zakat Produktif seperti infaq dan shadaqah. Tahap-tahap dalam pemberdayaan ekonomi mustahik dan efektivitas dalam program Palembang Makmur. Salah satu permasalahan adalah banyaknya orang yang berhutang oleh rentenir sehingga menimbulkan kemiskinan, karena rentenir ini bersifat bebas dan bunga yang besar sehingga tidak bisa membayar dengan bunga yang besar. Dan solusi yang dapat diberikan untuk mengeluarkan harta di salurkan kepada Mustahik yang membutuhkan baik dari keagamaan, Sosial dan ekonomi dengan efektif dan efisien. Maka dengan permasalahan tersebut penulis ingin meneliti dalam Program Palembang Makmur di Palembang. Efektif adalah kemampuan mengerjakan sesuatu dengan benar efektivitas banayak berkaitan dengan tujuan dengan melihat tugas di organisasi yang sudah di tetapkan dan penyelesaian sesuai dan tepat waktu dan dapat mencapai tujuan, semakin efektif melakukan tugas tersebut. Keefektifan organisasi adalah kondisi yang menujukkan sejauh mana sebuah organisasi mewujudkan aktivitas yang di lakukan dengan tujuan yang di capai. BAZNAS kota Palembang pada dasarnya juga merupakan suatu organisasi. Dengan demikian BAZNAS dapat di katakan baik dan efektif bila semuanya mencapai tujuan yang di tetapkan. Pengertian pendayagunaan Zakat merupakan pendayagunaan berasal dari kata “guna” yang berarti manfaat, adapun pengertian menurut kamus besar bahasa indonesia pendayagunaan berarti pengusaha, mampu mendatangkan manfaat. Dapat di tulisan di atas bahwa pendayagunaan yaitu bagaimana cara atau usaha dalam mendatangkan hasil yang baik dan bermanfaat secara meluas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode diskriptif yaitu masalah yang memandu peneliti untuk mengeksplorasi situasi yang akan di teliti secara menyeluruh dan luas. Teknik pengumpulan datanya dengan cara penelitian lapangan/Survey, sedangkan alat yang di gunakan penelitian adalah obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS kota Palembang menyalurkan dana pendayagunaan Zakat yaitu dengan membuat program- program pemberdayaan ekonomi mustahik. Pada program Palembang makmur dengan mulai dari penyelamatan, penguatan, pengembangan dan ketahanan perekonomian mustahik. Pada Program Palembang makmur ini sudah berjalan efektif, terbukti dengan tercapainya tujuan dari program ini yaitu untuk kesejahteraan masyarakat, peningkatan pendapatan mustahik dan peningkatan dari segi keagamaan, Sosial dan ekonomi. Kata kunci: Efektivitas, Pendayagunaan Zakat Produktif, Ekonomi Mustahik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Rijalush Shalihin, S.E.I., M.H.I. 2. DR. Hoirul Amri, M.E.,Sy
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendayagunaan Zakat Produktif, Ekonomi Mustahik
Subjects: Ekonomi Syariah > Sistem Ekonomi Islam
Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 09 Nov 2020 06:30
Last Modified: 10 Nov 2020 02:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13498

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.