ANALISIS KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH PDAM TIRTA OGAN UNIT PELAYANAN KECAMATAN INDRALAYA

ACHMAD FIRDAUS, NIM. 112016116 (2020) ANALISIS KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN AIR BERSIH PDAM TIRTA OGAN UNIT PELAYANAN KECAMATAN INDRALAYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
112016116_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
112016116_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)

Abstract

INTISARI Pengelolaan pelayanan air bersih untuk kebutuhan masyarakat Kecamatan Indralaya dilaksanakan oleh PDAM Tirta Ogan Unit Pelayanan Kecamatan Indralaya yang merupakan perusahaan milik pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, sama seperti PDAM di daerah – daerah lainnya di Indonesia, PDAM Unit Indralaya juga mempunyai masalah yang sama yaitu tingkat pelayanan (coverage level) yang rendah dan tingkat kehilangan air (uncounted water) yang tinggi. Dapat dilihat dari pasokan air yang sewaktu waktu tidak mengalir dan tidak tersalurkan kepada pelanggan. Kecamatan Indralaya tidak mengalami pertumbuhan penduduk yang dapat dibilang signifikan, dimana rata-rata persentase pertumbuhan penduduknya pada tahun 2015-2019 adalah 1,185%, serta tingkat ekonomi dan status sosial yang beragam sehingga kebutuhan sarana dan prasaranana penyediaan air bersih sangat dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Dalam pelaksanaan sistem distribusi air bersih yang dilaksanakan oleh PDAM Tirta Ogan Unit Pelayanan Kecamatan Indralaya Kabupaten Ogan Ilir, sumber air pengolahan berasal dari sungai ogan dan didistribusikan kepada masyarakat atau pelanggan aktif PDAM Indralaya dengan menggunakan sistem pompa. Dari hasil analisis dengan menggunakan analisis geometri kebutuhan diperoleh kebutuhan air bersih pelanggan PDAM Tirta Ogan Unit Indralaya untuk tahun 2030 sebesar 1790,208 m^3/hari, dengan kapasitas debit 20,720 liter/detik dan jumlah sambungan pipa sebanyak 2.725 Sambungan. Dari kapasitas debit 20,720 liter/detik untuk memenuhi kebutuhan 2.725 sambungan pipa, sedangkan debit dipakai sekarang sebesar 20 liter/detik, maka PDAM Tirta Ogan Unit pelayanan Indralaya sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan air pada tahun 2030, dengan kekurangan kapasitas debit sekitar 0,72 liter/detik. Kata kunci: pdam, distribusi, analisa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ir. H. Sudirman Kimi, M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pdam, distribusi, analisa
Subjects: Teknik Sipil > Teknik Hidraulis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 02 Nov 2020 02:10
Last Modified: 02 Nov 2020 02:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13459

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.