PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA KELAS X PADA MATERI EKOLOGI

ENDAH DEVY ERIANI, NIM. 342015059 (2019) PENGEMBANGAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMA KELAS X PADA MATERI EKOLOGI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015059_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (942kB) | Preview
[img] Text
342015059_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Eriani, Endah Devy. 2019. Pengembangan Powerpoint Interaktif Berbasis Model Guided Inquiry untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di SMA Kelas X pada Materi Ekologi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: Dosen Pembimbing: (1) Dr. Saleh Hidayat, M.Si., (2) Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd. kata kunci: powerpoint interaktif, model guided inquiry, keterampilan berpikir kritis, ekologi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui karakteristik pengembangan powerpoint interaktif berbasis model guided inquiry untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA kelas X pada materi ekologi. (2) Mengetahui kelayakan pengembangan powerpoint interaktif berbasis model guided inquiry untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA kelas X pada materi ekologi. (3) Mengetahui kepraktisan pengembangan powerpoint interaktif berbasis model guided inquiry untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMA kelas X pada materi ekologi. Jenis Penelitian ini adalah Research & Depelopment (R & D). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang kemukakan oleh Reiser dan Mollenda (1990) yang terdiri dari analysis (analisis), design (rancangan), depelopment (pengembangan), implementation (pelaksanaan), dan evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini yaitu: (1) Karakteristik produk pengembangan powerpoint interaktif berbasis model guided inquiry untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Produk pengembangan ini dibuat menggunakan media ajar yang dibuat dalam bentuk powerpoint interaktif. (2) Kelayakan produk pengembangan powerpoint interaktif berdasarkan empat orang dosen ahli yaitu dosen ahli media dan perangkat pembelajaran menyatakan layak digunakan, sedangkan ahli materi, bahasa evaluasi, dan praktisi menyatakan sangat layak digunakan. (3) Kepraktisan powerpoint interaktif berdasarkan uji coba kelompok kecil pada 15 orang peserta didik diperoleh interpretasi sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Etty Nurmala Fadillah, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: powerpoint interaktif, model guided inquiry, keterampilan berpikir kritis, ekologi.
Subjects: Biologi > Ekologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:58
Last Modified: 21 Oct 2020 05:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13402

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.