PENGARUH KONSENTRASI ASAM SULFAT DAN WAKTU FERMENTASI DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI BUAH MENGKUDU

RIO ALFARES, NIM. 122015076 (2020) PENGARUH KONSENTRASI ASAM SULFAT DAN WAKTU FERMENTASI DALAM PEMBUATAN BIOETANOL DARI BUAH MENGKUDU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122015076_Bab I_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122015076_Bab 2_Sampai_Bab Terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Konsentrasi Asam Sulfat dan Waktu Fermentasi dalam Pembuatan Bioetanol dari Buah Mengkudu Rio Alfares, 2020, 32 Halaman, 5 Tabel, 7 Gambar, 3 Lampiran Bioetanol cukup berpeluang untuk menjadi energi alternatif yang bersaing dalam mengatasi krisis energi yang terjadi sekarang ini. Selain memiliki kelebihan akan rendahnya emisi gas berbahaya, bioetanol juga dihasilkan dari bahan baku yang dapat diperbaharui dan tidak memiliki waktu regenerasi lama seperti halnya bahan bakar dari fosil. Salah satu biomassa yang dapat dijadikan bahan baku dalam pembuatan bioetanol adalah Buah Mengkudu karena memiliki kandungan Karbohidrat yang cukup besar yaitu 51,67 gr/100 gr sampel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asam sulfat pada proses hidrolisis serta waktu fermentasi terhadap kadar etanol yang dihasilkan dari buah mengkudu sebagai bahan baku. Metode yang digunakan yaitu hidrolisis asam dengan variasi konsentrasi Asam Sulfat sebesar 4%, 5%, 6%, 7%, 8% pada temperatur hidrolisis 120oC. Waktu fermentasi yang digunakan selama 24 jam, 48 jam, 72 jam, dan 96 jam. Jenis ragi pada proses fermentasi berupa ragi roti (Saccharomyces cereviseae) dengan kadar 20% dari berat bahan baku. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kadar glukosa tertinggi yang dihasilkan terdapat pada metode hidrolisis menggunakan konsentrasi asam sulfat 6%, sedangkankadar etanol tertinggi pada proses fermentasi pada temperatur 120oC dan waktu fermentasi selama 72 jam yaitu sebesar 38,9314 %. Kata Kunci : bioetanol, buah mengkudu, konsentrasi asam sulfat, temperatur hidrolisis, waktu fermentasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Netty Herawati, S.T, M.T. 2. Ir. Ani Melani, M.T.
Uncontrolled Keywords: bioetanol, buah mengkudu, konsentrasi asam sulfat, temperatur hidrolisis, waktu fermentasi.
Subjects: Kimia > Bahan Kimia Organis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 21 Oct 2020 03:37
Last Modified: 21 Oct 2020 03:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13398

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.