ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANYUASIN III

ARIYANI, NIM. 342014001 (2020) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 3 BANYUASIN III. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342014001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342014001_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (950kB)

Abstract

Kata Kunci: Motivasi Belajar, siswa kelas X, Biologi Motivasi merupakan dorongan dan kebutuhan yang berasal dari dalam diri seseorang untuk melakukan tujuan tertentu yang ingin dicapainya. Pentingnya motivasi dalam proses pembelajaran oleh karena itu motivasi belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 3 Banyuasin III. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 3 Banyuasin III. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan satu kali pertemuan. Sampel yang digunakan yaitu siwa kelas X IPA 1 dan IPA 2. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar angket. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar angket motivasi sebanyak 16 pernyataan. Data yang terkumpul di analisis secara kuantitatif menggunakan SPSS versi 16 dan microsof Exsel. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa motivasi belajar siswa untuk mata pelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 3 Banyuasin III. Hasil penelitian yang diperoleh dari pernyataan angket motivasi belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X IPA 1 terdapat 12 orang siswa memiliki kriteria tinggi, dan kriteria sangat tinggi memiliki 14 orang siswa. Sedangkan kelas X IPA 2 terdapat 12 orang siswa yang memiliki kriteria tinggi, dan kriteria sangat tinggi memiliki 17 orang siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas X IPA I (47,54) dengan kriteria tinggi, sedangkan motivasi belajar siswa kelas X IPA 2 (48,07) dengan kriteria sangat tinggi. Jadi penelitian ini adalah motivasi belajar siswa kelas X ada 2 kriteria yaitu kriteria motivasi belajar tinggi pada kelas X IPA I dengan nilai rata-rata 47,54 dan kriteria motivasi belajar sangat tinggi pada kelas X IPA 2 dengan nilai rata-rata 48,07.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Nizkon. M.Si. 2. Lia Auliandari, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, siswa kelas X, Biologi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:11
Last Modified: 19 Oct 2020 02:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13326

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.