PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND, SATISFATION (ARIAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA N 1 PANGKALAN LAMPAM PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

PEBRIANTI, 342015013 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND, SATISFATION (ARIAS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA N 1 PANGKALAN LAMPAM PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015013_BAB I_DAFTAR PUTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342015013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB)

Abstract

Pebrianti, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Pangkalan Lampam pada Meteri Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana (SI). Fakultas dan Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Kholilah, M.M,. (II) Drs. Nizkon, M. Si. Kata Kunci : Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS). Hasil Belajar Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Di berbagai Negara maju pendidikan sudah sangat pesat danber kualitas, sehingga dengan adanya kualitas yang tinggi tersebut maka terwujudlah kemajuan suatu Negara tersebut. Pembelajaran di sekolah yang bermakna akan membawa siswa pada pengalaman yang bermakna. Supaya pembelajaran di kelas memiliki makna bagi siswa, guru haru menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi juga dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan berprestasi dalam pembelajaran. (1) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) terhadap hasil belajar siswa di SMA Negri 1 Pangkalan Lampam pada matari pencemaran lingkungan. (2) Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen semu Quasi Eksperimen dengan desain Non equlvalent + control grup. (3) Teknik penggumpulan data yaitu wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan uji-t tidak berpasangan. Subjek penelitian siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 di SMA Negri 1 Pangkalan Lampam. (1) Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uj- t tidak berpasangan. Nilai Signifikan sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya hipotesis dinyatakan diterima. Maka model pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negri 1 Pangkalan Lampam. (2) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penikatan tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata tes awal pada kelas eksperimen mencapai 60,67 dan tes akhir 95,00 lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu nilai rata-rata tes awal 37,31 dan tes akhir 62,60.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dra. Hj. Khollilah M.M Pembimbing 2 : Drs. Nizkon, M. Si
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction (ARIAS). Hasil Belajar
Subjects: Biologi > Evolusi dan Genetika
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 15 Oct 2020 06:37
Last Modified: 15 Oct 2020 06:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13275

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.