PENGARUH STRATEGI SPIDER CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMAN 1 GUNUNG MEGANG

TRI WULANDARMA PUTRI, NIM. 312015073 (2020) PENGARUH STRATEGI SPIDER CONCEPT MAP TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMAN 1 GUNUNG MEGANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312015073_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312015073_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Tri Wulandarma. 2020. Pengaruh Strategi Spider Concept Map Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMAN 1 Gunung Megang. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (1)Dra. Mulyati M.Pd dan (II) Surismiati S.Pd., M.Pd Kata Kunci: Pengaruh, strategi Spider Concept Map, menulis teks cerita pendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi Spider Concept Map terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Megang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 berjumlah 37 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan menggunakan strategi spider concept map sedangkan kelas kontrol merupakan kelas yang diberi perlakuan dengan strategi discovery. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes tertulis dan teknik pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal menulis teks cerita pendek kelas eksperimen 58,30 dan kelas kontrol 55,51. Sementara nilai rata- rata tes akhir kelas eksperimen 80,76 dan kelas kontrol 72,43. Hasil perhitungan uji-t membuktikan bahwa thitung > ttabel = 5,217 > 1,993 dengan df = 72 pada tingkat signifikansi 95% (α = 0,025). Dengan demikian, Ha yang berbunyi “Ada perbedaan siswa yang diajarkan dengan strategi spider concept map terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Megang” diterima. Maka dapat disimpulkan strategi Spider Concept Map lebih berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gunung Megang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Mulyati M.Pd 2. Surismiati S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, strategi Spider Concept Map, menulis teks cerita pendek.
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem Penulisan dan Fonologi Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Oct 2020 06:59
Last Modified: 14 Oct 2020 06:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13253

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.