APLIKASI MATRIKS TOPOLOGI PADA ARUS LISTRIK SISTEM JARINGAN BERBENTUK RADIAL DALAM PRAKTEK

DINO WILANTARA, NIM. 132013087 (2020) APLIKASI MATRIKS TOPOLOGI PADA ARUS LISTRIK SISTEM JARINGAN BERBENTUK RADIAL DALAM PRAKTEK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132013087_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] Text
132013087_BAB II_SAMPAI_BAB AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB)

Abstract

ABSTRAK Matriks topologi merupakan teknik menganalisa jaringan listrik yang menggambarkan elemen jaringan sebagai segmen garis disebut cabang dan titik hubung sebagai node yang keseluruhannya tergambar dalam suatu graph dari jaringan. Topologi arus adalah untuk mempermudah kita dalam untuk membantu menghitung jatuh tegangan, rugi-rugi daya dan mengevaluasi kemampuan hantar arus pada masing-masing saluran di sistem distribusi berbentuk radial, karena arus yang mengalir pada setiap cabang atau saluran dapat diketahui secara langsung. Untuk membentuk matriks ini agar lebih mudah menyusunnya dimulai dari yang nomor urut bebannya terbesar lebih dahulu, yaitu pada baris dan kolom paling kanan terakhir atau ujung kanan bawah terakhir.Matriks ini dengan satu persaratan yaitu bentuk dari jaringan tersebut sistem kelistrikannya harus berbentuk radial.Matriks topologi arus ini Dalam membentuk atau menyusun matriks ini kita harus kasih simbol terlebih dahulu dengan huruf yang berurutan pada setiap saluran atau cabang, dengan ketetapan yang kita sendiri yang menentukannya.Karenahal ini memiliki beberapa sifat khusus yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pemecahan masalah, yaitu pada jaringan radial hanya terdapat satu node sumber daya,dannode-node lain merupakan node beban, arus injeksi positif terdapat pada node sumber daya, sedangkan pada node lain arus injeksi berharga negatif. Pada suatu jaringan radial berlaku hubungan b = n-1, dengan b adalah merupakan jumlah cabang, dan n merupakan jumlah node. Kata kunci : Matriks topologi,node, graph,arus, drop tegangan, rangkaian berbentuk radial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Ir.Cekmas Cekdin,M.T. 2.Rika Noverianty,S.T.,M.T.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Matriks topologi,node, graph,arus, drop tegangan, rangkaian berbentuk radial.
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Oct 2020 01:44
Last Modified: 08 Oct 2020 01:44
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13127

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.