PENGARUH JENIS KEMASAN PLASTIK DAN WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP MUTU KUE LAPIS TAPIOKA

NABILA RATNA KOMALA, NIM. 432015001 (2020) PENGARUH JENIS KEMASAN PLASTIK DAN WAKTU PENYIMPANAN TERHADAP MUTU KUE LAPIS TAPIOKA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
432015001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (393kB) | Preview
[img] Text
432015001_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

RINGKASAN NABILA RATNA KOMALA, Pengaruh Jenis Kemasan Plastik dan Waktu Penyimpanan Terhadap Mutu Kue Lapis Tapioka (dibimbing oleh ADE VERA YANI dan IDEALISTUTI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kemasan plastik terhadap mutu kue lapis tapioka, untuk mengetahui waktu penyimpanan terhadap mutu kue lapis tapioka, untuk mengetahui jenis kemasan plastik dan waktu penyimpanan terhadap mutu kue lapis tapioka. Penelitian ini dilaksanakan di Balai Riset dan Standarisasi Palembang dan di Laboratorium Universitas Sriwijaya Palembang pada bulan Mei 2019 hingga Desember 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor jenis kemasan plastik dan waktu penyimpanan yang membentuk enam kombinasi perlakuan dan diulang sebanyak tiga kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Perlakuan jenis kemasan plastik, lama penyimpanan dan interaksinya berpengaruh tidak nyata terhadap bilangan peroksida kue lapis tapioka sebelum penyimpanan dan berpengaruh sangat nyata setelah penyimpanan 2 hari, 4 hari dan 6 hari. Bilangan peroksida tertinggi pada perlakuan P1 (PolyEthylene/PE) dengan nilai rata-rata 21,69 meq/kg dan perlakuan W3 (waktu simpan 6 hari) dengan nilai rata-rata 34,09 meq/kg serta interaksi perlakuan P1W3 (PolyEthylene/PE dan waktu simpan 6 hari) dengan nilai rata-rata 44,64 meq/kg. Perlakuan jenis kemasan plastik, lama penyimpanan dan interaksinya berpengaruh tidak nyata terhadap total mikroba (TPC) kue lapis tapioka sebelum penyimpanan dan berpengaruh sangat nyata setelah penyimpanan 2 hari, 4 hari dan 6 hari. Total mikroba (TPC) terendah pada perlakuan P2 (Polyprophylene/PP) dengan nilai rata-rata 7,84x104 sel/g, perlakuan W1 (waktu simpan 2 hari) dengan nilai rata-rata 0,02x104 sel/g dan interaksi perlakuan P2W1 (Polyprophylene/PP dan waktu simpan 2 hari) dengan nilai rata-rata 0,01x104 sel/g. Interaksi jenis kemasan plastik dan waktu penyimpanan sebelum dan setelah penyimpanan hari ke 2 untuk semua perlakuan belum terjadi perubahan warna, belum ada jamur, tidak berlendir dan aroma khas kue lapis tapioka. Perubahan warna, mulai berjamur, mulai berlendir dan perubahan aroma sedikit terjadi pada penyimpanan hari ke 4 untuk perlakuan P1W2, sedangkan untuk perlakuan P2W2 tidak terjadi perubahan baik warna, tidak ada jamur, tidak berlendir dan warnanya. Interaksi perlakuan P1W3 (PolyEthylene/PE waktu simpan 6 hari) sudah banyak terjadi perubahan warna, adanya jamur, berlendir dan aroma. Interaksi perlakuan P2W3 (Polyprophylene/PP dan waktu simpan 6 hari) mengalami sedikit perubahan pada warna, jamur, lendir dan aroma. Kata kunci :kemasan plastik,kue lapis tapioka,pengamatan visual, total plate count,waktu simpan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Ade Vera Yani, S.P., M.Si 2. Idealistuti, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :kemasan plastik,kue lapis tapioka,pengamatan visual, total plate count,waktu simpan
Subjects: Ilmu Dan Teknologi Pangan > teknologi pengemasan dan penyimpanan pangan
Divisions: Fakultas Pertanian > Teknologi Pangan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:31
Last Modified: 05 Oct 2020 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13099

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.