Efektivitas Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan (Studi Kasus Pengajian Ibu-ibu di Mushalla Nurhadi Kelurahan Sentosa Kecamatan Seberang Ulu 2 Palembang)

Sri Nurhayati, NIM. 612016026 (2020) Efektivitas Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan (Studi Kasus Pengajian Ibu-ibu di Mushalla Nurhadi Kelurahan Sentosa Kecamatan Seberang Ulu 2 Palembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (941kB) | Preview
[img] Text
612016026_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sri Nurhayati, 612016026 Pengajian merupakan salah satu kegiatan dakwah yang merupakan seruan kepada seorang atau sekelompok orang untuk mengikuti dan mengamalkan ajaran dan niai-nilai Islam. Pengajian merupakan perkumpulan non formal yang bertujuan mengajarkan dasar-dasar agama kepada masyarakat umum yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits. Selain sebagai salah satu bentuk pendidikan Islam non formal, pengajian juga mempunyai tugas membina masyarakat khususnya yang tidak sempat mengenyam pendidikan Islam formal. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan peneliti dengan judul “Efektivitas Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan (studi kasus Pengajian Ibu-ibu di Mushalla Nurhadi Kelurahan Sentosa Kecamatan Seberang Ulu 2 Palembang)”. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan dakwah pengajian ibu-ibu di Mushalla Nurhadi, bagaimana efektivitas dakwah pengajian ibu-ibu di Mushalla Nurhadi, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah pengajian ibu-ibu di Mushalla Nurhadi Kelurahan Sentosa Palembang. Penulis merasa penelitian mengenai majelis ta’lim ini sangat penting dikarenakan sebagai masyarakat muslim terbesar di dunia, yaitu masyarakat Indonesia, kita juga akan hidup ditengah-tengah masyarakat yang nantinya juga akan bersentuhan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan majelis ta’lim. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan dakwah dan pengumpulan datanya berupa metode wawancara dan observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan menggambarkan secara secara sistematis fakta dan karakteristik bidang-bidang tertentu secara faktual dan cermat dengan menggambarkan keadaan atau status fenomena. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat di ketahui bahwa pengajian atau majelis ta’lim sebagai lembaga non formal yang ada ditengah-tengah masyarakat memberikan konstribusi yang cukup besar bagi perkembangan pemahaman keagamaan pada pengajian ibu-ibu di Mushalla Nurhadi. Pelaksanaan pengajian ibu-ibu di Mushalla Nurhadi Kelurahan Sentosa Palembang berjalan cukup lancar dan baik. Hal ini dapat dilihat dari absensi kehadiran jama’ah yang cukup stabil setiap bulannya. Efektivitas dakwah pengajian ibu-ibu di Mushalla Nurhadi Kelurahan Sentosa Palembang cukup efektif, hal ini dapat dilihat antara lain materi dari mauidzah hasanah yang disampaikan kepada jama’ah uswah hasanah dari da’iyah kepada jama’ah pengajian, serta pengajian dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan. Adapun Faktor pendukung pengajian ibu-ibu di Mushalla Nurhadi Kelurahan Sentosa Palembang adalah adanya dukungan dari pemerintah setempat, motivasi yang kuat dari jama’ah ibu-ibu pengajian dan terjalinnya komunikasi yang baik antar jama’ah. Adapun faktor penghambat pengajian ibu-ibu di Mushalla Nurhadi adalah kesibukkan rumah tangga yang tidak bisa ditinggalkan, dan terkadang cuaca yang tidak mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Mustofa, S. Ag., M. Hum 2. Nur Azizah, S. Ag., M. Hum
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Masyarakat dakwah
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 03 Oct 2020 02:34
Last Modified: 03 Oct 2020 02:55
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/13061

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.