pengembangan gambar tiga dimensi pada media pop up elektronik dalam pembelajaran teks deskripsi di sekolah menengah pertama

Muhammad Abdullah, NIM. 312016027 (2020) pengembangan gambar tiga dimensi pada media pop up elektronik dalam pembelajaran teks deskripsi di sekolah menengah pertama. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
312016027_BAB II _SAMPAI_ BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Abdullah, Muhammad. 2020. Pengembangan Gambar Tiga dimensi pada Media Pop Up Elektronik Dalam Pembelajaran Teks Deskripsi di Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Strata Satu (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Refson, M.Pd. (II) Supriatini, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: gambar tiga dimensi , pop up elektronik, teks deskripsi. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan sekolah bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat Undang Undang Dasar 1945, dengan munculnya berbagai media pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran Gambar Tiga Dimensi Pada Media Pop Up Elektronik tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan media gambar tiga dimensi pada pop up elektronik yang layak digunakan.(2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik SMP Muhammadiyah 1 Palembang yang menggunakan media pembelajaran gambar tiga dimensi pada pop up elektronik, Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap define untuk mendefinisikan permasalahan dalam pembelajaran.Tahap design untuk menghasilkan produk awal dan instrumen penelitian.Tahap develop untuk memperoleh kelayakan produk. Instrumen penelitian di antaranya: RPP, lembar penilaian, lembar validasi, dan angket respon. Data penelitian berupa kelayakan RPP, kelayakan modul elektronik, minat belajar peserta didik, dan hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil penelitian menyatakan bahwa media gambar tiga dimensi pada pop up elektronik layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kognitif peserta didik SMP ditinjau dari penilaian ahli dengan kategori baik dan dari hasil respon peserta didik dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. H. Refson, M.Pd. 2. Supriatini, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: gambar tiga dimensi , pop up elektronik, teks deskripsi
Subjects: Bahasa Indonesia > Tata bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:29
Last Modified: 07 Oct 2020 02:29
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12995

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.