Peranan Metode Tahsin untuk Memperbaiki Kemampuan dalam Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas II Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Mutiara Sunnah Palembang

Elsy Novitasari, Nim. 612016088 (2020) Peranan Metode Tahsin untuk Memperbaiki Kemampuan dalam Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas II Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Mutiara Sunnah Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
612016088_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016088_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Elsy Novitasari, 2020. Peranan Metode Tahsin Untuk Memperbaiki Kemampuan Dalam Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas II Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mutiara Sunnah Palembang. Metode tahsin adalah salah satu cara pendidik atau guru dalam tilawah AlQur’an yang menitik beratkan pada makhraj (tempat keluar masuknya huruf) dan ilmu tajwid. Metode tahsin ini dalam membaca Al-Qur’an melalui seorang guru secara langsung dan berhadapan. Untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar maka perlu menempuh proses pembelajaran, karena pembelajaran merupakan aspek sangat penting. Membaca Al-Qur’an dengan tartil dan sesuai ilmu tajwid dan makharijul hurufnya serta lancar dalam membacanya. Adapun jenis penelitian dalam skripsi ini adalah jenis kuantitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi,dan angket. Sedangkan sampel penelitian ini adalah 20 siswa di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mutiara SunnahPalembang. Berdasarkan hasil perhitungan, maka telah diperoleh data sesuai dengan masalah-masalah yang telah dianalisa secara kuantitatif dengan rumus persentase. Maka, Kemampuan dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas IIPondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mutiara Sunnah Palembang ini dikategorikan yang bacaannya benar sebanyak 18 anak atau 90%, yang tajwidnya benar sebanyak 16 anak atau 80% dan yang makhrajnya benar sebanyak 15 anak atau 75%. Dan peranan guru dalam memperbaiki bacaan Al-Qur’an melalui metode tahsin dari 20 responden yang menjawab sangat bagus 86%, bagus 14% dan tidak bagus 0%. Maka dapat diinterprestasikan bahwa kemampuan dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas II berdasarkan ilmu tajwid atau metode tahsin Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mutiara Sunnah Palembang bisa dikatakan baik. Faktor yang mempengaruhi kemampuan dalam membaca Al-Qur’an siswa kelas II berdasarkan ilmu tajwid di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Mutiara Sunnah Palembang ini dari 20 responden yang menjawab iya sebanyak 84%, sedikit-sedikit 15% dan tidak 0%, jadi faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an anak juga baik. Kata kunci: Tahsin, Membaca Al-Qur’an, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Sri Yanti, S.Pd., M.Pd 2. Hendri Nur Alam, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Tahsin, Membaca Al-Qur'an, Pondok Pesantren
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 29 Sep 2020 06:33
Last Modified: 29 Sep 2020 06:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12735

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.