PENGARUH PENAMBAHAN WORTEL (Daucus corata L) TERHADAP MUTU PEMPEK IKAN GABUS (Ophiocephalus striatus)

HENGKY ARYADI, NIM : 432015007 (2020) PENGARUH PENAMBAHAN WORTEL (Daucus corata L) TERHADAP MUTU PEMPEK IKAN GABUS (Ophiocephalus striatus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
432015007_BAB I_DAFTARPUSTAKA (1).pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
432015007_BAB II- SAMPAI_BAB TERKAHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)

Abstract

HENGKY ARYADI. Pengaruh Penambahan Wortel (Daucus corata L) Terhadap Mutu Pempek Ikan Gabus (dibimbing oleh DASIR dan HENI DOMONITA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan wortel (Daucus carota L) terhadap mutu terbaik pempek ikan gabus. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Palembang dan Balai Riset dan Standarisasi Industri Palembang pada bulan April sampai dengan Agustus 2019. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang disusun secara non Faktorial dengan perbandingan wortel sebanyak lima perlakuan dan diulang sebanyak tiga kali ulangan. Peubah yang diamati dalam penelitian ini untuk uji kimia meliputi kadar protein, kadar serat, sedangkan uji organoleptik meliputi warna, aroma, rasa dan tingkat kekenyalan. Hasil penelitian menunjukan bahwa. Kadar protein tertinggi terdapat pada perlakuan P5 (5,54%). Kadar serat tertinggi terdapat pada P5 (5,37%). Berdasarkan uji organoleptik terhadap warna nilai kesukaan tertinggi terhadap warna terdapat pada perlakuan P2 yaitu sebesar rata-rata 3,80% (kriteria agak suka). Tingkat kesukaan tertinggi terhadap aroma perlakuan P5 dengan nilai rata-rata 4,20% (kriteria suka). Tingkat kesukaan tertinggi terhadap rasa pada perlakuan P5 dengan nilai rata-rata 4,00% kriteria suka). Uji Ranking Terhadap Tingkat Kekenyalan tertinggi terdapat pada perlakuan P5 dimana dengan nilai rata-rata 4,10% (kriteria kenyal).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1 Ir. Dasir, M,Si 2 Heni Domonita, S.P., M.Si
Uncontrolled Keywords: Wortel, pempek dan ikan gabus
Subjects: Ilmu Dan Teknologi Pangan > industri pangan
Divisions: Fakultas Pertanian > Teknologi Pangan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 07 Oct 2020 02:06
Last Modified: 07 Oct 2020 02:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12715

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.