ASPAL MODIFIKASI DENGAN PENAMBAHAN “PLASTIK LOW LINIER DENSITY POLY ETHYLONE” (LLDPE) DITINJAU DARI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA LAPISAN ASPAL BETON(AC-BC)

RISMA, NIM. 112015144 (2020) ASPAL MODIFIKASI DENGAN PENAMBAHAN “PLASTIK LOW LINIER DENSITY POLY ETHYLONE” (LLDPE) DITINJAU DARI KARAKTERISTIK MARSHALL PADA LAPISAN ASPAL BETON(AC-BC). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
112015144_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
112015144_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

INTISARI Meningkatnya pertumbuhan penduduk diiringi dengan jumlah peningkatan volume lalu lintas. Kondisi tersebut harus didukung oleh konstruksi jalan yang berkualitas, terutama dari kualitas lapis perkerasan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan.Aspal merupakan salah satu material yang digunakan sebagai bahan pembuatan jalan raya, material ini dipilih karena hasil akhirnya yang baik dan nyaman sebagai perkerasan fleksibel. Untuk menekan jumlah kebutuhan akanaspal yaitu dengan meminimalisir penggunaan bahan dasar aspal, atau dengan peningkatan mutu aspal dalam campuran seperti peningkatan stabilitias, durabilitas, dan ketahanannya terhadap air dengan menambahakan bahan tambahan dalam campuran yang sifatnya mampu mengatasi kelemahan yang dimiliki aspal seperti plastik low linear density poly ethylene (LLDPE). Penelitian ini dilakukan dengan meninjau dampak penambahan plastik low lineardensity poly ethylene (LLDPE) dalam campuran lapisan AC-BC. Selanjutnya,menghitung nilai kadar aspal optimum dandilanjutkan dengan pembuatan bendauji untuk menentukan nilai kadar aspal optimumsetelah proses analisis dengan melakukakn proses pengukuran, penimbangan, dan pengujian dengan alat Marshall. Dari hasil analisa didapatkan nilai kadar aspal optimum yang memenuhi keenam syarat kriteria campuran aspal sesuai spesifikasi Bina Marga 2010 revisi III yaitu 5,8%. Setelah itu dilanjutkan proses variasi dengan penambahan plastik low linear density poly ethylene (LLDPE) dengan kadar persen 0 %, 3 %, 5 %, 7%, dihitung dari berat aspal. Dari proses analisa hasil pengujian,pada nilai stabilitas semakin bertambahnya kadar LLDPE semakin bertambah nilai stabilitasnya. Akan tetapi nilai VIM tidak ada yang memenuhi standar Spesifikasi BinaMarga 2010 revisi III. Dan semakin tinggi penambahan kadar campuran plastik LLDPE semakin rendah nilai flow yang diperoleh. Semakin rendah nilai flow menandakan campuran aspal akan semakin kaku dan getas. Pada Nilai penetrasi aspal campuran mengalami penurunan. Kata kunci:Plastik Low Linear Density Poly Ethylene( LLDPE ),AsphaltConcrete-Binder Course(AC-BC),SpesifikasiBina Marga2010Revisi III.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pebimbing 1. Ir. Noto Royan, M.T pebimbing 2. Ir. Hj. Nurnilam Oemiati, M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci:Plastik Low Linear Density Poly Ethylene( LLDPE ),AsphaltConcrete-Binder Course(AC-BC),SpesifikasiBina Marga2010Revisi III.
Subjects: Teknik Sipil > Teknik Struktural
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:03
Last Modified: 29 Sep 2020 06:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.