Analisis Nilai Religius Pada Buku Jalan Cinta Para Pejuang Karya Salim A. Fillah

TEGUH CAHYONO, NIM. 312016039 (2020) Analisis Nilai Religius Pada Buku Jalan Cinta Para Pejuang Karya Salim A. Fillah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016039_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (932kB) | Preview
[img] Text
312016039_BAB II_ SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan nilai-nilai religius dalam buku jalan Cinta para pejuang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptip kualitatif dengan pendekatan teologi, yaitu pendekatan yang berbasis agama yang ingin memahami hubungan antara Tuhan dengan manusia dan alam, penelitian ini mengunakan dua sumber data yaitu data primer dan sekunder, data primer merupakan sumber utama yaitu buku Jalan Cinta Para Pejuang sedangkan data sekunder merupakan sember kedua yang berupa Al-Qur’an dan Hadist. Hasil penelitian ini bahwa dalam buku Jalan Cinta Para Pejuang Karya Salim A. Fillah peneliti menemukan 5 nilai religius, nilai-nilai tersebut meliputi, (1) nilai ibadah, seperti sholat, membaca Al Quran dan puasa, (2) nilai jihad/ ruhuljihad, seperti sikap pantang menyerah dan perang untuk mendapatkan kedamaian dan kemuliaan (3) nilai amanah dan ikhlas yaitu mampu menerima segala sesuatu dengan sabar dan taat terhadap perintah Allah Swt. (4) nilai akhlak dan kedisiplinan, merupakan sifat yang harus dimiliki dan tertanam dalam diri manusia. (5) nilai ketauladanan, nilai ini tidak terlepas dari baginda Rasulullah Saw yang menjadi teladan bagi seluruh umatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Supriatini,S.Pd., M.Pd. 2. Dra. Ismaiyati,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisis, nilai, religius, buku
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Sep 2020 03:43
Last Modified: 23 Sep 2020 03:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12262

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.