DESKRIPSI KOMPETENSI PROFESI GURU BIOLOGI DI KECAMATAN PRABUMULIH TIMUR, SELATAN DAN RAMBANG KAPAK TENGAH DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA SATUAN PENDIDIK

Hera Susanti, NIM. 342016021 (2020) DESKRIPSI KOMPETENSI PROFESI GURU BIOLOGI DI KECAMATAN PRABUMULIH TIMUR, SELATAN DAN RAMBANG KAPAK TENGAH DITINJAU DARI KEPUASAN PENGGUNA SATUAN PENDIDIK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (901kB) | Preview
[img] Text
342016021_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)

Abstract

Susanti, Hera. 2020. Deskripsi Kompetensi Profesi Guru Biologi di Kecamatan Prabumulih Timur, Selatan dan Rambang Kapak Tengah ditinjau dari Kepuasan Pengguna Satuan Pendidik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (SI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Drs. Nizkon., M.Si (II) Erie Agusta S. Pd., M.Pd. Kata kunci: Revolusi industri 4.0 di kecamatan Prabumulih Timur, Prabumulih Selatan Dan Rambang Kapak Tengah. Skripsi ini membahas tentang kepuasan dari pengguna lulusan profesi guru biologi dan kompetensi yang dibutuhkan oleh profesi guru Biologi dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 di Kecamatan Prabumulih Timur, Selatan dan Rambang Kapak Tengah. Guru abad 21 dituntut tidak hanya mampu mengajar dan mengelolah kegiatan kelas dengan efektif, namun guru juga di tuntut harus bisa mengoprasikan tekologi informasi untuk menunjang keberhasilan peserta didik. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan, maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan yaitu: 1.)Bagaimana hasil kepuasan pengguna lulusan profesi guru Biologi di Kecamatan Prabumulih Timur, Selatan dan Rambang Kapak Tengah 2.) Apa saja kompetensi yang dibutuhkan oleh profesi guru Biologi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di Kecamatan Prabumulih Timur, Selatan dan Rambang Kapak Tengah menurut para pengguna. Jenis penelitian yang diangkat adalah deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif ini diharapkan dapat menjawab rumusan masalah tentang apa saja kompetensi yang dibutuhkan oleh pengguna lulusan profesi guru untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di Prabumulih Timur, Prabumulih Selatan dan Rambang Kapak Tengah. Kemudian data akan di analisis menggunakan permodelan Rasch berbantuan aplikasi Winstep. Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan maka di peroleh hasil kepuasan pengguna lulusan kategori sangat puas (X> 1,94), kategori puas (1,94>X> 0,54), kategori tidak puas (0,54>X> -0,86), kategori sangat tidak puas (X<-0,86) sedangkan kompetensi yang di butuhkan oleh profesi guru biologi untuk menghadapi era revolusi 4.0 yaitu sangat sulit di setujui (X>1,27), sulit di setujui (1,27>X>0,00), Mudah di setujui(0,00 >X>-1,27) sangat mudah di setujui (-1,27>X). maka di peroleh kesimpulan hasil kepuasan pengguna lulusan profesi guru biologi di kecamatan prabumulih timur, selatan dan rambang kapak tengah 2 sekolah sangat puas, 7 sekolah puas, 3 sekolah tidak puas, 3 sekolah sangat tidak puas. Dan kompetensi yang di butuhkan oleh guru biologi untuk menghadapi era revolusi 4.0 di kecamatan prabumulih timur, prabumulih selatan dan rambang kapak tengah adalah aspek literasi data dan kompetensi pedagogik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Nizkon, M.Si. 2. Erie Agusta, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Revolusi industri 4.0 di kecamatan Prabumulih Timur, Prabumulih Selatan Dan Rambang Kapak Tengah
Subjects: Biologi > Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Sep 2020 08:00
Last Modified: 23 Sep 2020 08:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.