Analisis Literasi Sains Buku Teks Pelajaran Biologi SMA Kelas X Semester I

ANA ISNAWATI, NIM. 342015037 (2020) Analisis Literasi Sains Buku Teks Pelajaran Biologi SMA Kelas X Semester I. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
34 2015037_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB) | Preview
[img] Text
34 2015 037_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)

Abstract

Isnawati, Ana. 2020. Analisis Literasi Sains Buku Teks Pelajaran Biologi SMA Kelas X Semester I. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana (SI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Kholillah, M.M. Pembimbing (II) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Analisis Literasi Sains, Buku teks pelajaran biologi SMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi sains pada buku teks pelajaran biologi SMA kelas X semester I. Metode penelitian menggunakan deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari keempat indikator literasi sains diperoleh rata-rata skor yang berbeda. Indikator yang memperoleh rata-rata paling tinggi adalah dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan (science as a body of knowledge) sebesar (70%) dan indikator yang memperoleh rata-rata dimensi kedua yang paling banyak yaitu dimensi sains sebagai jalan investigasi (science as a way investigasting) sebesar (66%). Sedangkan indikator penelitian dimensi sains sebagai jalan berpikir yaitu (63%) dan indikator yang memperoleh rata-rata paling rendah adalah dimensi sains dan interaksinya dengan teknologi dan masyarakat adalah sebesar (53,5%). Manfaat dari penelitian ini bagi guru yaitu guru dapat meningkatkan keliterasian siswa. Dan sebagai inforrmasi dasar untuk penelitian lanjutan berkaitan dengan buku berbasis literasi sains. Disarankan sebaiknya bagi peneliti selanjutnya penelitian dilakukan tidak hanya pada satu sekolah saja dan dapat menambah sumber buku pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Kholillah, M.M. 2. Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis Literasi Sains, Buku teks pelajaran biologi SMA
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 21 Sep 2020 03:46
Last Modified: 21 Sep 2020 03:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12115

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.