ANALISIS DEIKSIS PERSONA, TEMPAT DAN WAKTU DALAM NOVEL SEIKHLAS LANGIT KARYA MIA ELVIRA

AYU LESTARI, NIM. 312016013 (2020) ANALISIS DEIKSIS PERSONA, TEMPAT DAN WAKTU DALAM NOVEL SEIKHLAS LANGIT KARYA MIA ELVIRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf..pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
312016013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf

Download (547kB) | Preview

Abstract

Lestari, Ayu 2020. “Deiksis Persona, Tempat Dan Waktu Dalam Novel Seikhlas Langit Karya Mia Elvira”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Dra. Mulyati, M.Pd. (1I) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata kunci: Analisis, Deiksis, Novel Seikhlas Langit Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam novel Seikhlas Langit karya Mia Elvira terdapat banyak penggunaan kalimat deiksis baik itu deiksis persona, tempat dan waktu serta dalam novel tersebut juga mengandung pembelajaran yang amat berharga tentang sebuah keikhlasan yang sangat luar biasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan deiksis persona, tempat dan waktu dalam novel Seikhlas Langit karya Mia Elvira. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kata penggunaan deiksis persona, tempat dan waktu dalam novel Seiklas langit karya Mia Elvira. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu suatu prosedur pemecahan masalah yang di selidiki dengan mengambarkan atau melukiskan keadaan subjek atau objek penelitian (novel, drama, cerita pendek, puisi) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta sebagaimana adanya. Data dari penelitian ini adalah bersumber dari novel Seikhlas Langit karya Mia Elvira, terbit tahun 2019 penerbit As-Salam Bandung, dengan ketebalan 288 halaman dengan berat 250 gram, dan berukuran 13 cm x 20 cm. Analisis data dan pembahasan yang telah peneliti lakukan diperoleh hasil di antaranya: (1) deiksis persona yaitu aku 124 data, saya 16 data, kita 15 data, kami 10 data, kamu 67 data, kalian 10 data, dia 29 data, dan mereka 8 data. (2) deiksis tempat yaitu di sini 38 data, di sana 10 data, ke sini 21 data, dan kesana 3 data. (3) deiksis waktu yaitu dulu 3 data, sekarang 12 data, tadi 9 data, besok 11 data, dan kemarin 9 data. Hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dalam novel Seikhlas Langit karya Mia Elvira terdapat berbagai penggunaan deiksis yaitu: (1) deiksis persona, (2) deiksis tempat, (3) deiksis waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Mulyati, M.Pd. 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Analisis, Deiksis, Novel Seikhlas Langit
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Sep 2020 02:26
Last Modified: 23 Sep 2020 02:26
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12097

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.