ANALISIS PESAN MORAL DALAM FILM BAD GENIUS KARYA NATTAWUT POONPIRIYA

Kaswanee Salaeh, NIM. 312016055 (2020) ANALISIS PESAN MORAL DALAM FILM BAD GENIUS KARYA NATTAWUT POONPIRIYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016055_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (823kB) | Preview
[img] Text
312016055_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salaeh, Kaswanee 2020. “Analisis Pesan-Pesan Moral dalam Film Bad Genius Karya Nattawut Poonpiriya”. Skripsi. Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Supriatini, S.Pd, M.Pd. (II) Dr. Refson, M.Pd. Kata kunci: Analisis, Pesan-Pesan Moral, Film. Film Bad Genius merupakan salah satu film Thailand yang tertuang pesan-pesan moral di dalamnya. Selain itu film Bad Genius juga menarik karena menyuguhkan tema yang sederhana tetapi sangat penting untuk diterapkan yakini mengangkat tema kejujuran. Sifat jujur merupakan realita kehidupan sehari-hari yang patut kita teladani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pesan-pesan moral tentang nilai-nilai kejujuran yang diinterpretasikan dalam film Bad Genius. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis karya. Sumber data penelitian ini adalah Bad Genius berdurasi 2 jam 9 menit dalam bentuk jaringan sosial. Analisis data dan pembahasan yang telah peneliti lakukan diperoleh simpulan bahwa pesan-pesan moral yang ditemukan di dalam film Bad Genius ada 14 yaitu : (1) kerja keras; (2) jujur; (3) visioner; (4) bertanggung jawab; (5) teliti; (6) tegas; (7) takut; (8) disiplin; (9) kebanggaan; (10) berdoa; (11) kooperatif /kerja sama; (12) sopan santun; (13) kekeluargaan; dan (14) persahabatan. Sebagai penutup penulis menyarankan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang pesan-pesan moral serta mampu menjalankan hidup dengan moral dan etika yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Drs. H. Refson, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Analisis, Pesan-Pesan Moral, Film.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 23 Sep 2020 01:52
Last Modified: 23 Sep 2020 01:52
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/12062

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.