HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI RAWAT JALAN POLIKLINIK ANAK RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG

ANGGUN PUSPA ARINI, NIM. 702016027 (2020) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PESERTA BPJS KESEHATAN DI RAWAT JALAN POLIKLINIK ANAK RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
702016027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
702016027_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Waktu tunggu pelayanan adalah waktu yang didapatkan pasien mulai dari mendaftar hingga mendapatkan pelayanan dokter. Waktu tunggu merupakan salah satu komponen dari faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien. Untuk mendapatkan pelayanan yg baik, dibutuhkan manajemen administrasi rumah sakit yang baik agar pasien mendapatkan pelayanan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan peserta bpjs di pelayanan rawat jalan poliklinik anak rumah sakit Muhammadiyah Palembang berdasarkan pelayanan dokter, perawat, administrasi, maupun fasilitas ruangan. Sampel penelitian ini adalah 68 orangtua/wali pasien di poliklinik anak rumah sakit Muhammadiyah Palembang yang dipilih secara Consecutive Sampling. Waktu tunggu pelayanan diukur menggunakan stopwatch mulai dari ruang tunggu hingga selesai mendapatkan pelayanan dan kepuasan pasien didapatkan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 48,5% puas dan 51,5% sangat puas dengan pelayanan dokter; 57,9% puas dan 47,1% sangat puas dengan pelayanan perawat; 20,6% puas dan 79,4% sangat puas dengan pelayanan administrasi; 45,6% puas dan 54,4% sangat puas dengan fasilitas ruangan rawat jalan. Terdapat hubungan yang bermakna antara waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan (p=<0,001) berdasarkan pelayanan dokter (p=0,005), pelayanan perawat (p=0,008)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. dr. Susi Handayani, Sp.An, M.Sc, MARS 2. dr. Rury Tiara Oktariza, M.Si
Uncontrolled Keywords: Waktu tunggu pelayanan, kepuasan pasien, pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan administrasi, fasilitas ruangan rawat jalan.
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 17 Sep 2020 07:15
Last Modified: 17 Sep 2020 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11971

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.