analisis penerapan keselamatan kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja dengan metode fault tree analysis ( FTA ) ( studi kasus di perusahaan pt. xyz belawan medan )

Muhammad Rasyid Ridho, NIM. 152015057 (2020) analisis penerapan keselamatan kerja dalam meningkatkan produktivitas kerja dengan metode fault tree analysis ( FTA ) ( studi kasus di perusahaan pt. xyz belawan medan ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
152015057_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
152015057_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Penerapan Keselamatan Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Metode Fault Tree Analysis (FTA) di Perusahaan PT. XYZ Belawan, Medan Muhammad Rasyid Ridho Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Palembang E-mail : muhammadrasyid73462@gmail.com Fault Tree Analysis (FTA) adalah suatu analisis pohon kesalahan secara sederhanna dapat diuraikan sebagai suatu teknik analisis. Analisis pohon kesalahan (Fault Tree Analysis) merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisa akar penyebab kecelakaan kerja. Penelitian ini dilakukan di Perusahaan PT. XYZ, Belawan, Medan, Sumatera Utara. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi K3 dan area kerja yang memiliki sumber kecelakaan tertinggi saat ini, dan juga untuk mengetahui akar-akar permasalahan dari kecelakaan kerja yang terjadi dengan menggunakan metode Fault Tree Analysis. Data-data yang ada pada perusahaan memiliki tingkat variasi yang berbeda setiap tahunnya. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada 2 area yang menjadi sumber kecelakaan tertinggi yaitu area stasiun dan lokomotif, serta jika semakin kecil kecelakaan yang terjadi, maka semakin kecil pula jam yang hilang dan mengakibatkan semakin tinggi produktivitas kerja. Kata Kunci: Fault Tree Analysis, kecelakaan kerja, produktivitas kerja, schowing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Merisha Hastarina, S.T., M.Eng. 2. Nidya Wisudawati, S.T., M.T., M.Eng.
Uncontrolled Keywords: Fault Tree Analysis, kecelakaan kerja, produktivitas kerja, schowing
Subjects: Industri > Pabrik-pabrik (Manufactures)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:46
Last Modified: 17 Sep 2020 04:46
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11855

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.