Analisis Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar

RHOPIKA, NIM. 312016033 (2020) Analisis Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016033_BAB I_DAFTAR PUSTAKA_removed (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
312016033_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR-converted_removed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)

Abstract

ABSTRAK Rhopika, 2020. Analisis Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Drs. Danto, M.Pd., dan (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata kunci: novel, nilai moral Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui nilai moral yang terkandung di dalam sebuah novel. Selain itu novel sebagai salah satu jenis karya sastra yang dapat memberikan manfaat kepada pembacanya. Di antaranya dapat mengembangkan imajinasi, memberikan kenikmatan, mengembangkan pengertian tentang perilaku manusia, dan dapat menyuguhkan pengalaman yang beraneka ragam. Pengalaman tersebut ini tentunya sangat berkaitan dengan hidup dan kehidupan manusia serta kemanusiaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana nilai moral dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai moral dalam novel Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Karena metode tersebut merupakan yang paling relevan untuk mengkaji nilai moral yang tersirat dalam novel dan karya sastra pada umumnya. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai moral yang tercermin dari novel “Surat Kecil untuk Tuhan” Karya Agnes Davonar meliputi: Hubungan manusia dengan dirinya sendiri terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar, selanjutnya novel tersebut juga mengandung nilai moral hubungan manusia dengan sesama manusia, selanjutnya novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar juga mengandung hubungan manusia dengan alam, dan hubungan manusia dengan Tuhan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pembentukan karakter yang baik untuk pembaca novel “Surat Kecil untuk Tuhan” karya Agnes Davonar ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Drs. Danto, M.Pd. 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: novel, nilai moral
Subjects: Bahasa Indonesia > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:51
Last Modified: 16 Sep 2020 06:51
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11844

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.