PENGARUH PERUBAHAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BELITANG II DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

TIKA MEILINDA, NIM. 312016011 (2020) PENGARUH PERUBAHAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PERKEMBANGAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BELITANG II DALAM MEMAHAMI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016011_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text
312016011_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Meilinda Tika. 2020. Pengaruh Perubahan Kurikulum 2013 terhadap Perkembangan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Belitang II dalam Memahami Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd. (II) Dra. Hj. Listini, M.Pd. Kata kunci: Pengaruh, Perubahan, Kurikulum 2013, Perkembangan, Pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Belitang II dalam pembelajaran bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan kurikulum 2013, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh poitif yang signifikan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Proposive sampling, tes subjektif dan tes kelompok, observasi, wawancara. Hasil penelitian ini diketahui bahwa siswa kelas VII.1 di SMP Negeri 1 Belitang II dalam memahami pembelajaran bahasa Indonesia sebelum menggunakan kurikulum 2013 diperoleh nilai rata-rata 5,31 sedangkan hasil penelitian siswa kelas VII.1 dalam memahami pembelajaran bahasa Indonesia sesudah menggunakan kurikulum 2013 diperoleh rata-rata 39,43. Kemudian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif yang signifikan implementasi kurikulum 2013 yaitu hasil analisis data di uji kedua hipotesis dengan membandingkan besarnya atau dengan besarnya r tabel tabel yang tercantum dalam tabel nilai “r” dengan memperhitungkan DF-nya lebih dahulu. DF = N – nr = 32-2= 30 (Konsultasi Tabel Nilai “r”). Ternyata df 30 tidak terdapat dalam tabel, dipakai df 32. Dengan df sebesar 32 diperoleh r tabel pada taraf signifikansi (5%) sebesar 0,250; sedangkan pada taraf siignifikansi (1%) diperoleh r tabel sebesar 0,325. Ternyata atau ( yang besarnya = 0,11) adalah jauh lebih kecil dari pada r tabel (yang besarnya 0,250 pada taraf signifikansi 5% dan 0,325 pada taraf signifikasi 1%). Karena atau lebih kecil dari pada r tabel , maka hepotesis nol diterima dan hipotesis alternatif ditolak. Hipotesis yang menyatakan “ada atau tidaknya pengaruh perubahan kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa indonesia” dapat diterima kebenarannya. Jadi, kesimpulan dari pemaparan data adalah tidak terdapat pengaruh positif melainkan terdapat pengaruh negatif yang signifikan implementasi kurikulum 2013 dalam pembelajaran bahasa Indonesia antara vareabel X dan vareabel Y.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengaruh, Perubahan, Kurikulum 2013, Perkembangan, Pembelajaran
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa Verbal
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 19 Sep 2020 05:57
Last Modified: 19 Sep 2020 05:57
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11839

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.