ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

AYU WILISA, NIM 312016034 (2020) ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL BUMI CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016034_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text
312016034_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)

Abstract

ABSTRAK Wilisa, Ayu. 2020. Analisis Kepribadian Tokoh dalam Novel Bumi Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy. Skripsi. Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. (II) Drs. H. Refson Rasyid, M.Pd. Kata kunci: Kepribadian Tokoh, Novel Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) aspek psikologi sastra yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, dan (2) nilai religius yang terkandung dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy melalui pendekatan psikologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra. Bentuk penelitiannya adalah deskriptif kualitatif yaitu data yang dikumpulkan akan berwujud kata-kata dalam kalimat yang mempunyai arti lebih dari sekedar angka atau jumlah yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan apa yang menjadi masalah, menganalisisnya, dan menafsirkan data yang ada. Teknik pengumpulan data yang diterapkan, yaitu: (1) membaca novel berulang-ulang; (2) melakukan studi pustaka; (3) mencatat kalimat yang dianggap penting. Uji validitas yang dilakukan dengan cara menggunakan teknik triangulasi. Triangulasi merupakan pengecekan kebenaran dengan cara memperoleh data tersebut dari pihak atau sumber berbeda, dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teori dan sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analsis mengalir (flow model of analysis) yang bergerak dalam tiga komponen reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) aspek psikologi sastra yang terdapat dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. (2) nilai-nilai religius yang terkandung dalam novel Bumi Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, nilai yang tercurah hanya kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING 1. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd. PEMBIMBING 2. Drs. H. Refson Rasyid, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kepribadian Tokoh, Novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:13
Last Modified: 16 Sep 2020 06:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11837

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.