PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 MATERI TEKS IKLAN KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

YUDI PRAMONO, NIM. 312016051 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH 8 MATERI TEKS IKLAN KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016051_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
312016051_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)

Abstract

ABSTRAK Pramono, Yudi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Macromedia Flash 8 Materi Teks Iklan Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Supriatini S.Pd., M.Pd. (II) Dr. Haryadi, M.Pd. Kata kunci: macromedia flash 8, media pembelajaran, bahasa Indonesia, teks iklan Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran melalui perangkat lunak Macromedia Flash 8 pada materi teks iklan kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan metode Research and Develoment (R&D) menggunakan prosedur Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Penelitian ini dibatasi dengan 5 langkah diantaranya penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan format produk, uji coba lapangan awal, dan uji coba lapangan operasional. Subjek penelitian ini adalah adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Palembang. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket ahli media, ahli bahasa, ahli materi, dan amgket respon siswa terhadap media yang dikembangkan oleh peneliti. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, angket, wawancara, dan tes.Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Hasil utama penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash 8, 2) tahap desain atau pembuatan Macromedia Flash 8, 3) Validasi Desain, Validasi yang dilakukan peneliti diantaranya validasi media, validasi bahasa, dan validasi materi. Adapun kevalidan media yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 3,60 dari ahli media, 3, 57 dari ahli bahasa, dan 3, 48 dari ahli materi. Pada uji efektifitas dan kemenarikan oleh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Palembang dalam uji coba skala kecil memperoleh hasil sebesar 3,48 dengan kriteria layak dan menarik dengan persentase berjumlah 95% sehingga dapat disimpulkan media yang dikembangkan masuk dalam kategori layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Supriatini, S.Pd., M.Pd. 2. Dr. Haryadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: macromedia flash 8, media pembelajaran, bahasa Indonesia, teks iklan
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa (Terminologi) dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 06:38
Last Modified: 16 Sep 2020 06:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11828

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.