ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK NOVEL KAMBING JANTAN KARYA RADITYA DIKA

MERRY SILVIA, NIM 312016032 (2020) ANALISIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK NOVEL KAMBING JANTAN KARYA RADITYA DIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
312016032_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
312016032_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)

Abstract

ABSTRAK Silvia, Merry. 2020 Analisis Unsur-Unsur Intrinsik Novel ”Kambing Jantan” Karya Raditya Dika. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., (II) Drs. Danto, M.Pd., Anggota Kata Kunci: analisis, Unsur-Unsur Intrinsik, novel. Latar belakang dalam penelitian ini adalah analisis unsur-unsur intrinsik dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis unsur-unsur intrinsik dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika, sedangkan tujuan penelitian yaitu mengetahui analisis unsur-unsur intrinsik dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini agar dapat mendeskripsikan Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel yang berjudul Kambing Jantan karya Raditya Dika berjumlah 225 halaman dan tahun 2017 cetakan kelima puluh satu yang diterbitkan GagasMedia. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik dokumentasi, selanjutnya data analisis melalui analisis konten. Hasil analisis unsur-unsur intrinsik dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika, yaitu tema mengenai “Kehidupan Sehari-hari”. Alur atau Plot dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika yaitu menggunakan alur campuran. Latar/Setting di dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika terdiri dari 3 yaitu: (1) latar waktu : beberapa minggu lalu, malam hari, pagi hari, sore hari, siang hari, hari minggu, hari jumat, (2) latar tempat : di rumah, di wc, yamaha arteri, Adelaide, Australia, di rumah Mingu, kamar Raditya Dika, Governor’House, restoran Cina, Jakarta, Bekasi, Mandarin hotel, apartemen Anaz, sekolah, supermarket, Bandara Internasional Adelaide, Melburne, Denpasar, dupan, (3) latar suasana : perasaan riang gembira, sedih, senang, cemas, perasaan sedih bercampur haru, panik, senang, cemas, shock. Tokoh dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika berjumlah 9 tokoh yaitu, Raditya Dika, Harianto, Eja, Ayumi, Anaz, Yudith, Nyokap, Bokap, Ingga. Sudut pandang dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika adalah orang pertama pelaku utama. Gaya bahasa novel Kambing Jantan karya Raditya Dika adalah menggunakan bahasa campuran seperti bahasa inggris, gaya personifikasi, gaya hiperbola. Amanat yang terdapat dalam novel Kambing Jantan karya Raditya Dika adalah disiplin dan pentingnya menjaga kerapian dan kebersihan dimanapun kita berada, supaya enak dan nyaman saat dipandang/saat datang kita tita tidak akan di cap sebagai sesesorang yang jorok dan pemalas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. 2. Drs. Danto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: analisis, Unsur-Unsur Intrinsik, novel.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:28
Last Modified: 16 Sep 2020 03:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11811

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.