PENGGUNAAN GAYA BAHASA SARKASME FILM JANGKRIK BOSS SUTRADARA ANGGY UMBARA

AYU HARSITA, NIM. 312016014 (2020) PENGGUNAAN GAYA BAHASA SARKASME FILM JANGKRIK BOSS SUTRADARA ANGGY UMBARA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016014_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
312016014_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa sarkasme dalam film Jangkrik Boss. Film ini berjenis humor (comedy) diantaranya terdapat beberapa percakapan yang dituturkan oleh tokoh dan banyak mengandung gaya bahasa sarkasme yang terkesan kasar, tetapi memiliki makna tertentu sebagai penegasan atas suatu pernyataan makna lainnya. Film jangkrik boss karya sutradara Anggy Umbara ini merupakan film ke tujuh dari lima belas film yang telah ditayangkan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan gaya bahasa sarkasme dalam film Jangkrik Boss Sutradara Anggy Umbara? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan gaya bahasa sarkasme dalam film Jangkrik Boss Sutradara Anggy Umbara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil peneltian dalam film ini terdapat macam-macam bentuk gaya bahasa sarkasme diantaranya: (1) bentuk ejekan, (2) bentuk hinaan, (3) bentuk olok-olokan, (4) bentuk cemooh, dan (5) bentuk sindiran. Pembahasan yang didapat dari hasil penelitian ini banyak mendominasikan penggunaan gaya bahasa sarkasme berupa bentuk ejekan, bentuk hinaan, dan bentuk sindiran. Kesimpulan dari penilitian ini terdapat bentuk penggunaan gaya bahasa sarkasme yang memiliki makna untuk mengungkapkan perasaan rasa kesal dan amarah kepada orang lain dengan pengucapan atau pernyataan tidak sopan yang bersifat menyindir. v

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Drs.H. Refson, M.Pd 2. Dr. Gunawan Ismail, M.Pd
Uncontrolled Keywords: gaya bahasa, sarkasme, film.
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:58
Last Modified: 16 Sep 2020 02:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11799

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.