ANALISIS NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI

ZULIA EKA DINI, NIM. 312016003 (2020) ANALISIS NILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL ANAK RANTAU KARYA AHMAD FUADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
312016003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Masalah penelitian ini adalah nilai-nilai moral apakah yang terdapat dalam novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah ilmu pengetahuan karena melalui nilai-nilai moral yang ada didalamnya dapat mengetahui bahwa karya sastra itu bukan hanya untuk hiburan tetapi untuk mengungkapkan isi pikiran penulis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi. Terbit tahun 2019. Diterbitkan oleh PT Falcon Interactive, dengan jumlah ketebalan 370 halaman, bewarna sampul yang dominan abu-abu dan senja, dengan panjang 20,5 cm dan lebar 14 cm. Hasil penelitian data bahwa novel Anak Rantau karya Ahmad Fuadi mengandung nilai-nilai moral, diantaranya: 1) Hubungan Manusia dengan Tuhan, meliputi (1) Iman kepada Tuhan, (2) beribadah, (3) bersyukur, (4) sabar, (5) memohon ampun. 2) Hubungan Manusia dengan Dirinya Sendiri, meliputi (1) penyesalan, (2) mampu mengendalikan diri, (3) rajin bekerja dan belajar, (4) berani. 3) Hubungan Manusia dengan Sesama Manusia, meliputi (1) saling menghargai, (2) tolong menolong, (3) memaafkan. 4) Hubungan Manusia dengan Alam, meliputi (1) menjaga kelestarian alam, (2) mengelola alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Ismaiyati, M.Pd. 2. Dra. Hj. Listini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: analisis, nilai-nilai moral, novel
Subjects: Bahasa Indonesia > Fiksi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:39
Last Modified: 26 Sep 2020 05:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11789

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.