PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATERI MENULIS CERITA FABEL SISWA SMP NEGERI 30 PALEMBANG

YULIAN RAHAYU, NIM. 312016002 (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF PADA MATERI MENULIS CERITA FABEL SISWA SMP NEGERI 30 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
312016002_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rahayu, Yulian. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Melalui Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Menulis Cerita Fabel Siswa SMP Negeri 30 Palembang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Sakdiah Wati, M.Pd., (II) Dra. Mulyati, M.Pd. Kata kunci: pengembangan, lembar kerja siswa, model pembelajaran generatif. Latar belakang penelitian ini adalah untuk pembelajaran bahasa Indonesia merupakan pembelajaran yang terpenting dalam mencapai pendidikan yang baik. Rumusan masalah adalah bagaimanakah karakteristik LKS pembelajaran materi menulis cerita fabel siswa SMP Negeri 30 Palembang. Bagaimanakah uji kevalidan LKS pembelajaran materi menulis cerita fabel siswa SMP Negeri 30 Palembang. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi menulis cerita fabel. Selain itu, penelitian dan pengembangan ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan Lembar Kerja Siswa Melalui Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Menulis Cerita Fabel Siswa SMP Negeri 30 Palembang, mendeskripsikan kelayakan Lembar Kerja Siswa berdasarkan penilaian dan validasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan uji cobakan terhadap siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian dengan cara deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif yang dihasilkan akan dikonversi menjadi data kualitatif untuk mendeskripsikan kelayakan produk yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan Lembar Kerja Siswa menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa yang dikembangkan berdasarkan pengembangan menurut Tessmer dengan dua tahapan utama yaitu tahap Preliminary yang terdiri dari tahap analisis dan desain, tahap Formative Evolution yang terdiri dari Self Evolution (Evolusi Diri), Prototyping (Pembuatan Prototipe), Export Review (Uji Pakar), One-To-One, Small Group, dan Field Test. Kevalidan Lembar Kerja Siswa dapat dilihat berdasarkan uji validasi, hasil validasi ahli media mencapai 75%, ahli materi 90%, dan ahli bahasa 75% yang dapat dikategorikan valid. Berdasarkan uji coba produk pada tahap Field test nilai rata-rata siswa adalah 84.68 yang dapat dikategorikan baik, sedangkan dilihat dari hasil angket respon siswa diperoleh skor 93% yang dapat dikategorikan sangat layak. Berdasarkan uji validasi dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Siswa Melalui Model Pembelajaran Generatif Pada Materi Menulis Cerita Fabel yang dikembangkan dapat digunakan baik dalam proses belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia terkhusus dalam materi menulis cerita fabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. 2. Dra. Mulyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, lembar kerja siswa, model
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia > Membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:21
Last Modified: 19 Sep 2020 06:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11766

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.