KEEFEKTIFAN MODEL PROBING PROMTING DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KELUANG

RISA KRISTIANA, NIM. 312016015 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PROBING PROMTING DALAM KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KELUANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016015_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf.-dikonversi.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text
312016015_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan saat menulis teks deskripsi, maka dari itu digunakanlah model pembelajaran probing promting sebagai bahan masukan dalam variasi mengajar sehingga tidak menimbulkan kejenuhan siswa dalam proses belajar. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah keefektifan model probing promting dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Keluang? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model probing promting dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Keluang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 140 siswa dari seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Keluang dan sampel penelitian berjumlah 44 siswa, dari kelas VII.1 berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII.5 berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai, angket dan wawancara. Hasil penelitian ini diketahui bahwa siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran probing promting diperoleh nilai rata-rata 82,5 dan standar deviasinya adalah 9,72 kemudian hasil siswa kelas kontrol dengan tidak menggunakan model pembelajaran probing promting diperoleh nilai rata-rata 75,22 dan standar deviasinya adalah 6,90. Setelah data dianalisa maka didapat nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol. Kemudian dari hasil analisa data dengan statistik uji-t diperoleh thitung= 3,16 untuk taraf signifikan 5% dan db= 42 didapat ttabel= 1,68. Ini berarti thitung ≥ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi hipotesis yang menyatakan “model probing promting efektif digunakan dalam keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Keluang” dapat diterima kebenarannya. Oleh karena itu, peneliti menyarankan pada guru Bahasa Indonesia agar model pembelajaran probing promting dapat dijadikan bahan masukan dalam variasi mengajar sehingga tidak menimbulkan kejenuhan siswa dalam proses belajar. Kemudian peneliti juga menyarankan untuk siswa lebih giat belajar dan terus mengasah keterampilan menulis teks deskripsi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Listini, M.Pd. 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: keefektifan, model probing promting, menulis, teks deskripsi
Subjects: Bahasa Indonesia > Sistem-sistem Tulisan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:05
Last Modified: 12 Jan 2022 00:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11751

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.