Jenis-Jenis dan Makna Pantun di Desa Indramayu Kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim

Elsa Aticha, NIM.312016016 (2020) Jenis-Jenis dan Makna Pantun di Desa Indramayu Kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016016_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
312016016_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Aticha, Elsa. 2020. Jenis-jenis dan Makna Pantun di Desa Indramayu Kecamatan Panang Enim Kabupaten Muara Enim. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (I) Dra. Ismaiyati, M.Pd., (II) Dra. Mulyati, M.Pd. Kata kunci: pantun, pantun percintaan, pantun duka cita, pantun nasihat, pantun bersaut/ bersambut. Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya penggunaan pantun di kalangan masyarakat umumnya pada kalangan remaja, hal ini disebabkan kurangnya daya tarik dalam membaca pantun dan membuat pantun serta pesatnya kemajuan zaman juga mengakibatkan pudarnya sastra lisan yang ada di desa Indramayu kecamatan Panang Enim kabupaten Muara Enim. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan makna pantun di desa Indramayu kecamatan Panang Enim kabupaten Muara Enim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, sumber data primer adalah sumber data yang diambil langsung dari lapangan yaitu dari masyarakat desa Indramayu kecamatan Panang Enim kabupaten Muara Enim sebagai responden untuk mengetahui pantun yang ada di desa tersebut. Sedangkan sumber data sekunder adalah data normatif seperti yang bersumber dari buku, jurnal, ataupun situs internet yang digunakan untuk membantu mencari informasi untuk menambah pengetahuan tentang pantun daerah desa Indramayu kecamatan Panang Enim kabupaten Muara Enim. Data penelitian ini adalah pantun yang diketahui dan digunakan oleh masyarakat Indramayu kecamatan Panang Enim kabupaten Muara Enim yaitu dengan mendeskripsikan pantun yang digunakan tersebut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan rekaman. Berdasarkan hasil penelitian di desa Indramayu beberapa informan yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti terdapat 6 orang informan yaitu Yawani, Sukri, Isnuati, Anang Saru Hasyim, Saidah, dan Bassarudin. Berdasarkan analisis melalui wawancara dan rekaman maka ditemukan 56 pantun yang terbagi menjadi 4 jenis pantun yaitu 15 data pantun percintaan, 15 data pantun duka cita, 12 data pantun nasihat dan 14 data pantun bersaut/ bersambut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Ismaiyati, M.Pd. 2. Dra. Mulyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pantun, pantun percintaan, pantun duka cita, pantun nasihat, pantun bersaut/ bersambut.
Subjects: Bahasa Indonesia > Bahasa Daerah
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:13
Last Modified: 16 Sep 2020 02:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11747

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.