Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Keluarga Cemara Karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer

Opi Aprilia Putri, NIM. 312016026 (2020) Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Keluarga Cemara Karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016026_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
312016026_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Opi Aprilia. 2020. Analisis Tindak Tutur Ilokusi Dalam Dialog Film Keluarga Cemara Karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (1) Dra. Mulyati, M.Pd. Pembimbing: (II) Dra. Ismaiyati, M.Pd. Kata kunci: Tindak tutur ilokusi, film, asertif, direktif, komisif, ekspresif, deklaratif. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya tindak tutur ilokusi yang diujarkan oleh tokoh dalam film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaiamanakah bentuk-bentuk tindak tutur ilokusi dalam dialog film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ilokusi dalam dialog film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah dialog film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer. Data penelitian ini adalah data lisan yang mengandung tindak tutur ilokusi yang meliputi bentuk tindak tutur ilokusi dalam dialog film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer. Data diperoleh menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam dialog film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer terdiri dari 5 tindak tutur ilokusi. Diantaranya tindak tutur asertif berjumlah 18 data, tindak tutur direktif berjumlah 20 data, tindak tutur komisif berjumlah 12 data, tindak tutur ekspresif berjumlah 20 data, dan tindak tutur deklaratif berjumlah 10 data. Fungsi tindak tutur asertif dalam dialog film Keluarga Cemara karya Yandi Laurens dan Ginatri Noer terdapat 3 fungsi, yaitu fungsi menyatakan, mengusulkan, dan memberitahu. Tindak tutur direktif terdapat 4 fungsi, yaitu fungsi menyuruh, memohon, menyarankan, dan meminta. Tindak tutur komisif terdapat 2 fungsi yaitu, fungsi berjanji dan fungsi menawarkan. Tindak tutur ekspresif terdapat 4 fungsi yaitu, fungsi meminta maaf, memaafkan, mengucapkan terima kasih, dan mengucapkan selamat. Tindak tutur deklaratif terdapat 3 fungsi, yaitu fungsi melarang, membatalkan, dan memberi maaf.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Mulyati, M.Pd. 2. Dra. Ismaiyati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Tindak tutur ilokusi, film, asertif, direktif, komisif, ekspresif, deklaratif.
Subjects: Bahasa Indonesia > Ejaan dan Ucapan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 02:18
Last Modified: 16 Sep 2020 02:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11746

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.