Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pencemaran Lingkungan Terintegrasi Model Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMP/MTs

JULISA DWI PUTRI, NIM. 342016008 (2020) Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pencemaran Lingkungan Terintegrasi Model Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016008_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
342016008_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Putri, Julisa Dwi 2020. Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Pencemaran Lingkungan Terintergrasi Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Peserta Didik SMP/MTs. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Program Sarjana (S-1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang.Pembimbing: (1) Dr. Saleh Hidayat, M.Si. (2) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Media pembelajaran berbasis android, model problem based learning, pencemaran lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Karakteristik media pembelajaran berbasis android pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi model pembelajaran problem based learning, (2) Kelayakan media pembelajaran berbasis android pada materi pencemaran lingkungan terintegrasi model pembelajaran problem based learning. Produk yang disusun berupa media pembelajaran berbasis android. Prosedur dalam penelitian ini dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Tegeh yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Validasi produk dilakukan oleh enam dosen ahli dan dua guru IPA SMP/MTs. Uji coba dilakukan dari tahapan analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket analisis kebutuhan awal dan lembar validasi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis deskritif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan perhitungan Azwar (2014). Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Karakteristik produk yang dikembangkan yaitu media pembelajaran berbasis android terintegrasi model pembelajaran problem based learning untuk peserta didik SMP/MTs, produk ini menggunakan powerpoint kemudian dikonversi menggunakan aplikasi iSpring Suite 9 dan website 2 apk builder, sehingga menjadi aplikasi yang dapat diakses melalui android. Media pembelajaran ini terdiri dari halaman masuk, tombol navigasi, menu, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, model pembelajaran problem based learning, referensi, dan biografi penulis. (2) Media pembelajaran berbasis android terintegrasi model pembelajaran problem based learning untuk peserta didik SMP/MTs dikatakan layak ditinjau dari hasil validasi bahasa, media, materi dan praktisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Saleh Hidayat, M.Si. 2. Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis android, model problem based learning, pencemaran lingkungan
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:01
Last Modified: 16 Sep 2020 03:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11742

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.