Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Terintegrasi Model Resource Based Learning (RBL) pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Peserta Didik SMP Kelas VII

PUTRI INDARTI, NIM. 342016009 (2020) Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Terintegrasi Model Resource Based Learning (RBL) pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342016009_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf..pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
342016009_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Indarti, Putri. 2020. Analisis Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Terintegrasi Model Resource Based Learning (RBL) pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang, Pembimbing: (1) Drs. Suyud Abadi, M.Si., (2) Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Android, Model Resource Based Learning, Klasifikasi Makhluk Hidup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran daring sehingga membutuhkan sebuah media pembelajaran yang menarik dan memotivasi peserta didik dalam belajar serta media pembelajaran yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja sehingga memudahkan peserta didik belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis android terintegrasi model Resource Based Learning (RBL) pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk peserta didik SMP Kelas VII. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahap analyze, design, development, implementation dan evaluasi, akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahap development karena kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan tahap selanjutnya. Penilaian kelayakan berdasarkan Expert review (meliputi tiga validator media, tiga validator materi, tiga validator bahasa dan dua praktisi) dengan menggunakan angket. Analisis data mengacu pada modifikasi Azwar rentang skor 1-5 dengan interpretasi kelayakan (sangat tidak layak, kurang layak, cukup layak, layak dan sangat layak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan media pembelajaran berbasis android berdasarkan penilaian dari validator media adalah 106,33 (layak), penilaian dari validator materi adalah 110 (sangat layak), penilaian dari validator bahasa adalah 56,33 (sangat layak), dan penilaian dari praktisi adalah 88,33 (sangat layak).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Suyud Abadi, M.Si. 2. Binar Azwar Anas Harfian, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Berbasis Android, Model Resource Based Learning, Klasifikasi Makhluk Hidup.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2020 05:08
Last Modified: 16 Sep 2020 05:08
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11730

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.