Analisis Budaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas Dempo Palembang

NURISMA MAULISA, NIM. 702015031 (2020) Analisis Budaya Keselamatan Pasien Di Puskesmas Dempo Palembang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702015031_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
702015031_BAB II _SAMPAI_BAB TERAKHIR .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan kesehatan pada dasarnya adalah untuk menyelamatkan pasien serta jangan sampai mencelakakannya sesuai dengan ajaran Hipocrates bapak kedokteran kuno, yaitu primum, non nocere (first, do no ham), artinya yang pertama jangan mencederai pasien. Secara eksplisit, aspek keselamatan pasien terdapat pada Permenkes No 75 tahun 2014 tentang Puskesmas dan Permenkes No 11 tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis budaya keselamatan pasien di Puskesmas Dempo Palembang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini seluruh pegawai Puskesmas yang ada di Puskesmas Dempo Palembang. Pengambilan sampel sendiri menggunakan total sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini didapatkan pada hasil dari kuisioner Budaya keselamatan pasien yang dihitung berdasarkan kuisioner Hospital Survey on Patient Safety Culture (HSOPSC) dengan menilai Budaya Keselamatan Pasien melalui 12 dimensi didapatkan hasil budaya kuat di Puskesmas Dempo Palembang terutama pada dimensi ketiga yaitu mengenai Pembelajaran Terorganisir dan Perkembangan Berkelanjutan dan dimensi kesebelas yaitu mengenai Persepsi Keseluruhan Terhadap Keselamatan Pasien dengan budaya kuat 32 responden atau dengan persentase 100%. Tidak ditemukan hambatan dalam melaksanakan budaya keselamatan pasien di Puskesmas Dempo Palembang karena rata-rata budaya keselamatan pasien yang didapatkan dalam 12 dimensi telah didapatkan hasil respon positif buday kuat. Keselamatan pasien di Puskesmas Dempo Palembang telah sesuai dengan pedoman-pedoman yang telah diberikan secara sistematis dan terarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. dr. H. Syahrul Muhammad, MARS 2. Hj. Resy Asmalia, SKM., M.Kes
Uncontrolled Keywords: Budaya Keselamatan Pasien, Sasaran Keselamatan Pasien, Patient Safety
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Umum
Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Masyarakat
Pendidikan Kedokteran > Penyakit-Penyakit
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 15 Sep 2020 05:06
Last Modified: 15 Sep 2020 05:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11704

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.