Korelasi kekuatan genggaman tangan terhadap kualitas hiduppasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisis di Rumah Sakit Umum Daerah Palembang Bari

Fitriani, NIM. 702016054 (2020) Korelasi kekuatan genggaman tangan terhadap kualitas hiduppasien gagal ginjal yang menjalani hemodialisis di Rumah Sakit Umum Daerah Palembang Bari. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702016054_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
70201605_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyakit ginjal kronik adalah kerusakan ginjal yang menyebabkan ginjal tidak dapat membuang racun dan produksi sisa dari darah ditandai adanya protein dalam urin serta penurunan laju filtrasi glomerulus berlangsung lebih dari 3 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi kekuatan genggaman tangan dengan kualitas hidup pasien ginjal kronik yang menjalani hemodialisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik korelatif dengan desain cross sectional. Dengan menggunakan data primer yaitu melakukan pengukuran dan wawancara dengan kuisoner di Rumah Sakit Umum Daerah Palembang BARI dengan sampel sebanyak 32 sampel yang telah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel penelitian ini diambil dengan metode Slovin. Hasil uji statistik antara kekuatan genggaman tangan dan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisis menggunakan Uji Spearman (p = 0,026) Hasil ini sejalan dengan sebuah penelitian yang dilakukan di Seoul mengunakan desain cross sectional Sehingga disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kekuatan genggaman tangan dan kualitas hidup pasien gagal ginjal kronis yang menjalani hemodialisis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. dr. Adhi permana, Sp.PD, KGH. 2. dr. RA. Tanzila, M.kes.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Ginjal, Kekuatan genggaman tangan, Hemodialisis, Kualitas hidup, Filtrasi glomerulus
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Kesehatan Umum
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:59
Last Modified: 15 Sep 2020 05:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11702

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.