NILAI AGAMA DAN SOSIAL SASTRA LISAN DALAM TRADISI ADAT PERNIKAHAN MINTAK WALI DESA LINGGA KECAMATAN LAWANG KIDUL

RISMITA, NIM 312016042 (2020) NILAI AGAMA DAN SOSIAL SASTRA LISAN DALAM TRADISI ADAT PERNIKAHAN MINTAK WALI DESA LINGGA KECAMATAN LAWANG KIDUL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016042_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (897kB) | Preview
[img] Text
312016042_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (888kB)

Abstract

Rismita. 2020. Nilai Agama dan Sosial Sastra Lisan dalam tradisi Pernikahan Mintak wali Adat Desa Lingga Kecamatan Lawang Kidul. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Sakdiah Wati, M.Pd., (II) Surismiati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: nilai agama, sosisal, dan sastra lisan. Latar belakang pada penelitian ini adalah masalah Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, adat istiadat, agama, dan kebudayaan. Keanekaragaman budaya inilah yang membentuk aset bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan, sehingga budaya bangsa Indonesia terlindungi dari berbagai pengaruh budaya luar yang bertujuan untuk memudarkan bahkan menghilangkan nilai-nilai budaya bangsa, bagaimanakah nilai agama dan sosial sastra lisan yang terkandung dalam tradisi pernikahan mintak wali masyarakat desa Lingga kecamatan Lawang Kidul kabupaten Muara Enim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai agama dan sosial sastra lisan yang ada dalam tradisi pernikahan mintak wali desa Lingga kecamatan Lawang Kidul kabupaten Muara Enim. Tradisi lisan mintak wali merupakan sastra lama yang sudah dilakukan sejak dahulu di mana dalam tradisi lisan ini dituturkan dalam pantun dan syair yang mengandung makna, nilai, dan nasihat. Sastra lisan ini menggunakan bahasa yang halus dan santun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, angket dan rekaman. Setelah data-data terkumpul kegiatan selanjutnya adalah mengolah data informan yang digunakan untuk mengolah data tersebut sebanyak lima (5) informan adalah Arifin, Rusmali, Sudarman, Saidina Ali dan Maryani. Berdasarkan analisis melalui wawancara dan rekaman maka ditemukanlah empat (4) tradisi lisan mintak wali yaitu mendaki rasan, seserahan, mintak wali dan serawak enim. Dalam tradisi lisan ini terdapat nilai agama dan moral yang terkandung didalam setiap tradisi lisan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Sakdiah Wati, M.Pd. 2. Surismiati, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: nilai agama, sosisal, dan sastra lisan.
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2020 06:13
Last Modified: 14 Sep 2020 06:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11596

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.