PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABEL DENGAN PENGARUH KITOSAN DAN GLISEROL MENGGUNAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS TEBU

Kekek Ayu Mantara, NIM. 122016013 (2020) PEMBUATAN PLASTIK BIODEGRADABEL DENGAN PENGARUH KITOSAN DAN GLISEROL MENGGUNAKAN AMPAS TAHU DAN AMPAS TEBU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122016013_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (735kB) | Preview
[img] Text
122016013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan akan plastik sudah sangat umum sehingga menyebabkan masalah serius terhadap sampah plastik. Maka dari itu, dibutuhkan alternatif plastik ramah lingkungan yang berasal dari bahan yang dapat terurai di lingkungan dan tersedia di alam dalam jumlah besar, contohnya Plastik Biodegradable yang terbuat dari pati dan selulosa. Limbah ampas tahu dan Ampas tebu merupakan limbah yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi bahan baku pembuatan plastik biodegradabel. Pembuatan plastik biodegradable dengan menggunakan pati ampas tahu dan Ampas Tebu dengan penambahan gliserol dan Kitosan melalui 3 tahap yaitu pembuatan tepung dari pati ampas tahu dan Tepung Ampas tebu, pembuatan plastik biodegradable dan analisa sampel plastik biodegradable.dalam proses pembuatan Biodegradabel yaitu larutan pati ampas tahu dan ampas tebu di panaskan selama 10 menit dengan suhu 700C sesudah di panaskan di lanjutkan proses penyaringan ,air hasil penyaringan di tambahkan Variabel kitosan dan gliserol sesudah di larutan bebentuk gel di celak di film kaca kemudian di jemur ,sesudah kering barulah lanjut ke proses Analisa. Dan terdapat Hasil terbaik dari berbagai analisa sampel adalah pada penambahan 3 ml gliserol dan Kitosan 9gr dengan suhu pemanasan 70°C dan kecepatan pengadukan 50 rpm memiliki nilai kuat tarik sebesar 0,001316 Mpa dan nilai daya serap air sebesar 31,75% pada percampuran Kitosan 1 gr dan Gliserol 7ml dan untuk nilai Perpanjangan (Elongation%) hasil terbaik yaitu penambahan Kitosan 9gr dan Gliserol 9ml mendapatkan sebesar 17,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Ir. Ummi Kalsum M.T pembimbing 2 : Heni Juniar S.T M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Plastik Biodegradable, Ampas Tahu, AmpasTebu, Kitosan, Gliserol, Kuat Tarik, Pemanjangan (Elongation%), Daya Serap Air
Subjects: Kimia > Teknologi Produk-produk Organis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:15
Last Modified: 14 Sep 2020 07:15
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11591

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.