ANALISIS JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 1 LEMBAK

Vicca Lesty Kartika Putri, 332016004 (2020) ANALISIS JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 1 LEMBAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332016004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
332016004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Vicca Lesty Kartika Putri. 2020. Analisis Jawaban Siswa dalam Menyelesaikan Soal UN Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 1 Lembak. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiya Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Sunardi, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. Kata kunci: analisis, pemahaman konsep, pemecahan masalah. Berdasarkan Hasil data Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang laporan hasil UN SMP Negeri 1 Lembak tahun 2019 bahwa dari empat kategori materi yang diujikan pada pelajaran matematika, materi geometri dan pengukuran adalah materi dengan nilai yang paling rendah didapat siswa sebesar 32,23%. Pada materi geometri dan pengukuran terdapat materi bangun ruang sisi datar. Bangun ruang sisi datar adalah materi yang dalam menyelesaikan soal-soalnya membutuhkan beberapa kemampuan. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Jawaban Siswa dalam Menyelesaikan Soal UN Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 1 Lembak”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban siswa dalam menyelesaikan soal UN materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Lembak, dengan cara menganalisis jawaban siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Lembak. Data dikumpulkan dengan melakukan tes tertulis berupa 4 soal yang diambil dari soal UN pilihan ganda yang dibuat menjadi soal esai dan juga didokumentasikan. Setelah dilakukan analisis pada hasil jawaban siswa, diperoleh rata-rata persentase 75,84% siswa mampu menjawab benar pada kemampuan pemahaman konsep (K-I) degan kategori baik. Siswa mampu menjawab benar pada kemampuan menerapkan rumus (K-II) dengan rata-rata persentase 60,00% yang dikategorikan cukup. Dan siswa mampu menjawab benar pada kemampuan pemecahan masalah (K-III) dengan rata-rata persentase 75,00% yang dikategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata persentase seluruh kemampuan siswa menjawab benar sebesar 70,28% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: analisis, pemahaman konsep, pemecahan masalah.
Subjects: Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:54
Last Modified: 14 Sep 2020 04:54
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11574

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.