Vicca Lesty Kartika Putri, 332016004 (2020) ANALISIS JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL UN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI SMP NEGERI 1 LEMBAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.
|
Text
332016004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (674kB) | Preview |
|
Text
332016004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Vicca Lesty Kartika Putri. 2020. Analisis Jawaban Siswa dalam Menyelesaikan Soal UN Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 1 Lembak. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiya Palembang. Pembimbing: (1) Drs. Sunardi, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. Kata kunci: analisis, pemahaman konsep, pemecahan masalah. Berdasarkan Hasil data Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang laporan hasil UN SMP Negeri 1 Lembak tahun 2019 bahwa dari empat kategori materi yang diujikan pada pelajaran matematika, materi geometri dan pengukuran adalah materi dengan nilai yang paling rendah didapat siswa sebesar 32,23%. Pada materi geometri dan pengukuran terdapat materi bangun ruang sisi datar. Bangun ruang sisi datar adalah materi yang dalam menyelesaikan soal-soalnya membutuhkan beberapa kemampuan. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Jawaban Siswa dalam Menyelesaikan Soal UN Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 1 Lembak”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jawaban siswa dalam menyelesaikan soal UN materi bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 1 Lembak, dengan cara menganalisis jawaban siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif-kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 orang siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Lembak. Data dikumpulkan dengan melakukan tes tertulis berupa 4 soal yang diambil dari soal UN pilihan ganda yang dibuat menjadi soal esai dan juga didokumentasikan. Setelah dilakukan analisis pada hasil jawaban siswa, diperoleh rata-rata persentase 75,84% siswa mampu menjawab benar pada kemampuan pemahaman konsep (K-I) degan kategori baik. Siswa mampu menjawab benar pada kemampuan menerapkan rumus (K-II) dengan rata-rata persentase 60,00% yang dikategorikan cukup. Dan siswa mampu menjawab benar pada kemampuan pemecahan masalah (K-III) dengan rata-rata persentase 75,00% yang dikategorikan baik. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata persentase seluruh kemampuan siswa menjawab benar sebesar 70,28% dengan kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Drs. Sunardi, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: analisis, pemahaman konsep, pemecahan masalah. |
Subjects: | Muhammadiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 04:54 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 04:54 |
URI: | http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11574 |
Actions (login required)
View Item |