TA’ZIYAH KEMATIAN SEBAGAI MEDIA DAKWAH DA’I DI DESA WONOSARI, KEC. MEGANG SAKTI, KAB. MUSI RAWAS

IDIL SAPUTRA, NIM. 612016055 (2020) TA’ZIYAH KEMATIAN SEBAGAI MEDIA DAKWAH DA’I DI DESA WONOSARI, KEC. MEGANG SAKTI, KAB. MUSI RAWAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
612016055_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
612016055_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK “Ta’ziyah Sebagai Media Dakwah Da’i Di Desa Wonosari Kec. Megang Sakti, Kab. Musi Rawas” Syariat Islam mengajarkan bahwa setiap manusia pasti akan mengalami kematian yang tidak di ketahui waktunya. Sebagai makhluk yang sebaik-baik di mata Allah subhanahu wata‟ala dan di tempatkan pada derajat yang tinggi maka Islam sangat menghormati orang muslim yang telah meninggal dunia. Oleh sebab itu menjelang kematian, orang yang telah meninggal mendapatkan perhatian khusus dari muslim lainnya yang masih hidup. Dengan rumusan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan ta‟ziyah di Desa Wonosari, Kec. Megang Sakti, Kab. Musi Rawas (2) Bagaimana metode dakwah yang disampaikan oleh da‟i dalam acara ta‟ziyah di Desa Wonosari, Kec. Megang Sakti, Kab. Musi Rawas (3) Faktor-faktor apakah yang mendukung dan menghambat da‟i berdakwah di Desa Wonosari, Kec. Megang Sakti, Kab. Musi Rawas. Jenis data penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang dijadikan sumber, yaitu: Data primer adalah data pokok yang bersumber langsung dari para da‟i dan tokoh agama di Desa Wonosari, Kec. Megang Sakti, Kab. Musi Rawas. Sedangkan data sekunder adalah data penunjang yang bersumber dari buku-buku seperti: Kitabullah (Al�Qur‟an) dan Sunnah Nabawiyah (Al-Hadits) dan lain-lain yang ada relevansinya dengan masalah yang akan dibahas. Analisis menggunakan metode reduksi data yaitu proses bentuk analisis yang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu, dan mengorganisasi data sedemikian rupa sehingga kesimpulan akhir dapat diambil. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Pelaksaan ta‟ziyah di Desa Wonosari, Kec. Megang Sakti, Kab. Musi Rawas, pada umumnya dengan mendatangi rumah ahli musibah, menyabarkan, memberikan nasehat untuk tetap kuat menjalani kehidupan meski ditinggal yang paling disayangi. (2) Metode dakwah dari dalam ta‟ziyah adalah sebagai berikut: Pertama: Berdakwah kepada personal (kepada keluarga yang ditinggalkan). Kedua: Berdakwah dengan menasehati keluarga sekaligus jama‟ah (berdakwah kepada personal dan kelompok). (3) Keberhasilan dalam berdakwah dipengaruhi oleh faktor-faktor mendukung sebuah keberhasilam dalam berdakwah yaitu faktor Sumber Daya Manusia (SDM) dan sarana prasaran. Faktor penghambat kegiatan dakwah da‟i di Desa Wonosari yaitu faktor lingkungan saat da‟i berhadapan dengan masyarakat secara langsung apalagi yang pengetahuan agamanya masih minim, faktor ekonomi masyarakat desa Wonosari mayoritas adalah petani, dan masih memiliki sifat islam kejawen. Kata Kunci: Ta‟ziyah, Media Dakwah, Da‟i

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING SKRIPSI: 1. Titin Yenni, S.Ag., M.Hum 2. Dr. Rulitawati, S.Ag., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Ta‟ziyah, Media Dakwah, Da‟i
Subjects: Komunikasi Penyiaran Islam > Metode, media dan sarana dakwah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Agama Islam
Date Deposited: 14 Sep 2020 04:10
Last Modified: 14 Sep 2020 04:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11510

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.