Kesantunan Tuturan Antartokoh dalam Novel Cinta 2 Kodi Karya Asma Nadia

Yessi Utari, NIM. 312016017 (2020) Kesantunan Tuturan Antartokoh dalam Novel Cinta 2 Kodi Karya Asma Nadia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016017 I_DAFTAR PUSTAKA..pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
312016017_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)

Abstract

ABSTRAK Utari, Yessi. 2020. Kesantunan Antartokoh dalam Novel Cinta 2 Kodi Karya Asma Nadia. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. H. Haryadi, M.Pd., (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata kunci:pragmatik, & kesantunan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan yang terdapat dalam dialog antartokoh. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif sebab penelitian ini berusaha mendeskripsikan data yang berupa kata-kata. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah baca dan catat. Teknik analisis data yang dilakukan oleh peneliti ini dijabarkan ke dalam empat tahapan, yaitu tahap identifikasi, tahap klasifikasi, tahap interpretasi, dan yang terakhir tahap laporan. Hasil penelitian ini ditemukan delapan maksim kesantunan berbahasa pada tuturan para tokoh yaitu maksim kesepakatan, maksim kedermawanan, maksim pertimbangan, maksim simpati, maksim pujian, maksim kebijaksanaan, maksim kerendahan hati dan maksim penerimaan. Dari kedelapan maksim yang ditemukan dapat disimpulkan maksim kesepakatan merupakan maksim yang paling banyak diterapkan dalam novel hal ini sesuai dengan tokoh-tokoh dalam novel yang memiliki sikap bersepakat sebelum bertindak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. H. Haryadi, M.Pd. 2. Drs. H. Mustofa, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pragmatik & kesantunan
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Sep 2020 04:30
Last Modified: 12 Sep 2020 04:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11406

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.