ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY

IKA NURHIDAYAH, 312016049 (2020) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL BIDADARI BERMATA BENING KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016049_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (648kB) | Preview
[img] Text
312016049_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhidayah, Ika. 2020. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Bidadari Bermata Bening” Karya Habiburrahman El Shirazy, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (1) Drs. Danto, M.Pd., (II)Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. Kata kunci: novel, nilai-nilai, pendidikan karakter Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan agar dapat dijadikan pelajaran hidup bagi seseorang. Novel dapat dijadikan sebagai media penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Masalah dalam penelitian ini adalah apa saja nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy. Sumber data dalam penelitian ini adalah novelkarya Habiburrahman El Shirazy yang berjudul “Bidadari Bermata Bening” yang terdiri dari 337 halaman, 13,5 cm x 20,5 cm, penerbit Republika Penerbit. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah dokumentasi. Hasil penelitian dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yaitu terdapat nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya: 1) Religius, 2) Disiplin, 3) Jujur, 4) Toleransi, 5) Kerja Keras, 6) Kreatif, 7) Mandiri, 8) Rasa Ingin Tahu, 9) Cinta Tanah Air, 10) Menghargai Prestasi, 11) Bersahabat/Komunikatif, 12) Cinta Damai, 13) Gemar Membaca, 14) Peduli Sosial, 15) Tanggung Jawab. Hikmah yang dapat dipetik dari novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy adalah dapat menginspirasi dan memotivasi bagi anak-anak dan orang dewasa untuk meraih kesuksesan dengan bekerja keras, ulet, rendah hati, dan menebar kebaikan. Novel ini banyak mengajarkan kita arti penting kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Drs. Danto, M.Pd 2. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: novel, nilai-nilai, pendidikan karakter
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Sep 2020 04:22
Last Modified: 12 Sep 2020 04:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11399

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.