ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ASSALAMUALAIKUM CALON IMAM KARYA IMA MADANIAH

NURHAYATI, 312016036 (2020) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL ASSALAMUALAIKUM CALON IMAM KARYA IMA MADANIAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016036_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
312016036_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)

Abstract

ABSTRAK Nurhayati. 2020. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel ‘Assalamualaikum Calon Imam’ Karya Ima Madaniah, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd.dan (II) Dr. H. Haryadi, M.Pd. Kata kunci:novel, nilai-nilai, pendidikan karakter Latar belakang penelitian ini adalah novel dapat dijadikan sebagai media penanaman nilai-nilai pendidikan karakter. Melalui novel ini secara tidak langsung dapat memberikan manfaat yaitu agar dapat dijadikan pelajaran hidup bagi pembacanya. Masalah dalam penelitian ini adalah; apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah.Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah dokumentasi. Hasil penelitian dalam novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah yaitu terdapat nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya;(1) religius,(2) jujur,(3) toleransi,(4) disiplin,(5) kerja keras,(6) demokratis,(7) rasa ingin tahu,(8) cinta tanah air,(9) menghargai prestasi,(10) bersahabat atau komunikatif, (11) cinta damai,(12) gemar membaca,(13) peduli sosial,(14) tanggung jawab. Simpulan yang bisa diambil dari novel Assalamualaikum Calon Imam karya Ima Madaniah yaitu memberikan pelajaran kehidupan tentang bagaimana menjadi seorang yang tangguh serta dapat menginspirasi dan memotifasi bagi anak-anak dan orang dewasa untuk kerja keras, rendah hati, dan saling membantu. Novel ini banyak mengajarkan kita arti menyikapi tentang hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd. 2. Dr. H. Haryadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: novel, nilai-nilai, pendidikan karakter
Subjects: Bahasa Indonesia > Kesusastraan Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 12 Sep 2020 03:33
Last Modified: 12 Sep 2020 03:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11357

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.