KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SSCS (Search, Solve, Create and Share) BERDASARKAN PENILAIAN Expert Review PADA PRAKTIKUM MATERI FUNGI KELAS X SMA PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG

Annur Wulan Putriyana, NIM. 342015073 (2019) KELAYAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN SSCS (Search, Solve, Create and Share) BERDASARKAN PENILAIAN Expert Review PADA PRAKTIKUM MATERI FUNGI KELAS X SMA PATRA MANDIRI 1 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015073_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
342015073_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum sesuainya Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) praktikum pada materi Fungi yang membutuhkan keterampilan berpikir ilmiah dan sikap ilmiah peserta didik. Pembuatan LKPD diterapkan Model Pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) agar saat pelaksanaan praktikum peserta didik lebih terarah. LKPD diuji kelayakannya oleh Expert review untuk memenuhi kaidah dari segi penulisan, isi, dan penyajian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model pembelajaran SSCS (Search, Solve, Create and Share) berdasarkan penilaiam Expert review pada praktikum materi Fungi kelas X SMA Patra Mandiri 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk penilaian kelayakan berdasarkan Expert review (meliputi tiga validator bahan ajar, tiga validator materi, dan dua guru) dengan menggunakan angket. Analisis data mengacu pada modifikasi Azwar rentang skor 1-5 dengan interpretasi kelayakan (sangat tidak layak, kurang layak, cukup layak, layak dan sangat layak). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan LKPD berdasarkan penilaian dari validator bahan ajar adalah 94,67 (layak), penilaian dari validator materi adalah 77 (layak) dan penilaian dari guru adalah 91 (sangat layak). Walaupun telah dinyatakan layak dan sangat layak namun terdapat revisi mengenai gambar yang perlu diperjelas lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Hj. Kholillah, M.M. 2. Lia Auliandari, S.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Deskriptif Kuantitatif, LKPD Berbasis Model Pembelajaran SSCS, Fungi.
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 11 Sep 2020 00:22
Last Modified: 11 Sep 2020 00:22
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.