KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA SMP NEGERI 1 KEPAHIANG

IKE FLORENSI HARDILA, NIM. 312016037 (2020) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PUISI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA SMP NEGERI 1 KEPAHIANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
312016037_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (658kB) | Preview
[img] Text
312016037_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

ABSTRAK Hardila, Ike Florensi. 2020. Kemampuan Menulis Teks Puisi Melalui Pendekatan Saintifik Pada Siswa SMP Negeri 1 Kepahiang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Sarjana (S1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd., (II) Drs. H. Mustofa, M.Pd. Kata Kunci: kemampuan, menulis puisi, pendekatan saintifik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering menghadapi kesulitan dalam menulis puisi karena keterbatasan dalam belajarnya, maka dari itu diperlukan adanya pendekatan saintifik agar siswa mampu. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa SMP Negeri 1 Kepahiang dalam menulis puisi dengan menggunakan pendekatan saintifik? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan siswa SMP Negeri 1 Kepahiang menulis teks puisi dengan menggunakan pendekatan saintifik seperti yang telah diajarkan oleh guru Bahasa Indonesianya. Penelitian dilakukan melalui grup whatsApp secara daring/online. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode deskripsi kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui tes menulis puisi untuk siswa, angket untuk siswa, dan wawancara untuk guru. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Kepahiang kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu yang berjumlah 24 siswa, terdiri dari 11 laki-laki dan 13 perempuan. Berdasarkan data hasil tes esai yang mencapai nilai ≥ 75 berjumlah 19 orang (79%) dan yang memperoleh ≤ 75 berjumlah 5 siswa (21%). Dari hasil penelitian ini nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 94 dan nilai terendah adalah 70 dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kepahiang mampu menulis puisi dengan pembelajaran pendekatan saintifik terbukti kebenarannya sesuai dengan pengujian hasil hipotesis. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada para siswa agar banyak berlatih dalam meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta menggembangkan minat dan kreativitas terhadap materi menulis puisi. Guru Bahasa Indonesia dapat memberikan motivasi kepada para siswa agar siswa meningkatkan dan mengembangkan daya imajinasi serta kreativitasnya dalam menulis puisi. Sekolah hendaknya menyediakan fasilitas belajar yang lengkap demi menunjang keberhasilan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dra. Hj. Sri Parwanti, M.Pd 2. Drs. H. Mustopa, M.Pd
Uncontrolled Keywords: kemampuan menulis, puisi, pendekatan saintifik
Subjects: Bahasa Indonesia > Puisi
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 10 Sep 2020 07:43
Last Modified: 12 Sep 2020 02:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11266

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.