Pengaruh Perbandingan Katalis dan Kecepatan Pengadukan pada Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jagung Menggunakan Proses Etanolisis pada Tekanan 1 atm

Arief Prasetiyo, NIM. 122016004 (2020) Pengaruh Perbandingan Katalis dan Kecepatan Pengadukan pada Pembuatan Biodiesel dari Minyak Jagung Menggunakan Proses Etanolisis pada Tekanan 1 atm. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122016004_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122016004_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Semakin meningkatnya penggunaaan bahan bakar minyak membuat ketersediaan bahan bakar minyak semakin menipis, hal ini merupakan tantangan yang harus diantisipasi dengan mencari sumber energi alternatif lain sebagai sumber energi terbarukan. Salah satu alternatif yang bisa dimanfaatkan yaitu minyak nabati yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan biodiesel. Biodiesel adalah energi alternatif yang diperoleh dari lemak hewan ataupun minyak nabati yang dapat digunakan sebagai bahan bakar. Salah minyak nabati yang dapat diolah menjadi biodiesel adalah minyak jagung. Pembuatan biodiesel dari minyak jagung menggunakan proses etanolisis, dimana akan terjadi pemecahan gugus trigliserida menggunakan alkohol membentuk ester dan gliserol sebagai produk sampingnya. Proses pembuatan biodiesel pada penelitian ini menggunakan minyak jagung, ethanol dan katalis basa NaOH. Dilakukan menggunakan labu leher tiga yang dilengkapi dengan thermometer, pemanas serta magnetic stirrer sebagai pengaduk. Cuplikan di ambil setiap 10 menit sekali kemudian dianalisis besar konversi perbagiannya. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh rasio jumlah katalis dan kecepatan pengadukan terhadap konversi minyak jagung menjadi metil ester. Pada penelitian ini kondisi optimum dicapai pada perbandingan pereaksi 4 mgek/mgek, persentase katalisator 2.5 % berat minyak dengan konversi yang diperoleh 0,7847 bagian dan kecepatan pengadukan 350 rpm dengan konversi 0,7646 bagian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Ir. Kgs. Ahmad Roni, M.T. 2. Heni Juniar, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: alkoholisis, biodiesel, minyak jagung, katalis NaOH
Subjects: Kimia > Teknologi Bahan Peledak, Bahan Bakar
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Sep 2020 07:47
Last Modified: 10 Sep 2020 07:47
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11262

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.