OPTIMALISASI KUALITAS KOPI ROBUSTA DAN KOPI ARABIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus pada UKM Ratu Kopi Desa Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan)

YONGKI MAHENDRA, NIM. 152015045 (2020) OPTIMALISASI KUALITAS KOPI ROBUSTA DAN KOPI ARABIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus pada UKM Ratu Kopi Desa Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
152015045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
152015045_BAB II_SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keluhan konsumen pada UKM Ratu Kopi adalah rasa asam dan aroma yang terdapat pada kopi robusta dan kopi arabika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kualitas bahan baku kopi robusta dan kopi arabika dengan menggunakan metode Taguchi pada UKM Ratu Kopi Desa Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kopi robusta dan kopi arabika pada UKM Ratu Kopi Desa Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kopi UKM Ratu Kopi Desa Kemu Kecamatan Pulau Beringin Kabupaten OKU Selatan merasa asam dan aroma kopi juga tidak terasa. Hal ini disebabkan karena proses pengeringan dan sangrai biji kopi sebanyak 50 kg hanya selama 30 menit. Pengeringan dilakukan dengan menggunakan kipas angin dan pengaturan suhu sangrai berkisar 200°C. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa sampel optimalisasi yang paling disukai oleh panelis adalah sampel kopi KR-2 dan KA-2 yaitu sampel yang optimalisasi 1 dengan pengeringan biji kopi dan proses sangrai/roasting dilakukan dengan waktu selama 45 menit yang termasuk dalam kategori sangat suka. Kata Kunci : Optimalisasi Kualitas, Kopi, Robusta, Arabika, Metode Taguchi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Rurry Patradhiani. S.T.,M.T 2. Nidya Wisudawati. S.T.,M.T.M.Eng
Subjects: Industri > Elastomer dan Produk Elastomer
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Sep 2020 07:06
Last Modified: 07 Sep 2020 07:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11071

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.