PENGARUH PEMBERIAN PUPUK CAIR KULIT PISANG KEPOK (Musa balbisiana L.) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica rapa subsp. chinensis L.).

RAHMAT HIDAYAT, NIM. 342015045 (2020) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK CAIR KULIT PISANG KEPOK (Musa balbisiana L.) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI PAKCOY (Brassica rapa subsp. chinensis L.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
342015045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (503kB) | Preview
[img] Text
342015045_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pisang merupakan buah yang dikonsumsi diseluruh dunia termasuk Indonersia, namun pada bagian kulit pisang masih jarang dimanfaatkan oleh masyarakat, kulit pisang biasanya hanya dimanfaatkan untuk pakan ternak oleh masyarakat. Tanpa disadari kulit pisang memiliki kandungan nutrisi yang dapat dijadikan pupuk untuk tanaman. Tanaman sawi pakcoy merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat, hal ini dikarenakan salah satunya yaitu umur tanaman yang relatif pendek sehingga banyak diminati oleh masyarakat untuk dibudidayakan. Maka dari itu peneliti ingin melakuakan penelitian tentang “pengaruh pemberian pupuk cair kulit pisang kepok (Musa balbisiana L.) terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis L.)”. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui unsur hara posfat dan nitrogen total pada pupuk organik cair kulit pisang kepok (Musa balbisiana L.). 2)Untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk cair kulit pisang kepok (Musa balbisiana L) terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brassica rapa subsp. chinensis L.). Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri atas 5 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuan yang diberikan pada penelitian ini yaitu P0 kontrol (0 ml pupuk cair kulit pisang kepok), P1 (20 ml pupuk cair kulit pisang kepok), P2 (40 ml pupuk cair kulit pisang kepok), P3 (60 ml pupuk cair kulit pisang kepok), dan P3 (80 ml pupuk cair kulit pisang kepok). Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman, jumlah daun, dan lebar daun. Kemudian dilakukan uji ANAVA (uji F) dengan kriteria pengujian yang berlaku adalah Ha diterima jika nilai Fh > Ft. Dari hasil penelitian ini diperoleh pupuk organik cair berpengaruh nyata terhadap jumlah daun yaitu nilai Ft 0,05 (3,26) < Fh Perlakuan 3.384473 < Ft 0,01 (5,41) artinya Ha diterima. Dan juga berpengaruh nyata terhadap lebar daun yang mana Ft 0,05 (3,26) < Fh perlakuan 3.612245 < Ft 0,01 (5,41) artinya Ha diterima. Namun sebaliknya pada tinggi tanaman Fh perlakuan 2.222438 < Ft 0,05 (3,26) < Ft 0,01 (5,41) tidak berpengaruh nyata artinya Ha ditolak. Dari hasil uji Beda Nyata Terkecil (BNT) jumlah daun P4 jika dibandingkan dengan P0 berbeda sangat nyata, namun jika dibandingkan dengan P2 dan P1 berbeda nyata, namun pada P4 tidak berbeda nyata jika dibandingkan dengan P3. Kemudian untuk hasil uji BNT pada lebar daun yaitu P4 jika dibandingkan dengan P2, P0, P1 dan P3 yaitu berbeda nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dra. Hj. Aseptianova, M.Pd. 2. Hendra, S.Pd., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pupuk Organik Cair, Kulit Pisang Kepok, Sawi Pakcoy.
Subjects: Biologi > Ilmu tentang Tumbuhan
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2020 06:07
Last Modified: 07 Sep 2020 06:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11044

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.