PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN ILUSTRASI KOMIK PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Sinta Fitriani, NIM. 332016022 (2020) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA SISWA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN ILUSTRASI KOMIK PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332016022_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (938kB) | Preview
[img] Text
332016022_BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fitriani, Sinta. Pengembangan Modul Matematika Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Ilustrasi Komik pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (I) Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. (II) Heru, S.Pd., M.Pd. Kata kunci : pengembangan, model 4-D, Kontekstual, modul. Penelitian ini bertujuan menghasilkan suatu bahan ajar berupa modul siswa berbasis pendekatan Kontekstual menggunakan ilustrasi komik pada pokok bahasan operasi hitung pecahan kelas V Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan (development research). Dalam proses pengembangan menggunakan model 4-D yang memiliki beberapa tahapan yaitu tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar SD Negeri 31 Talang Kelapa yang berjumlah 8 orang peserta didik. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh modul yang valid dan praktis. Penelitian menunjukkan modul yang valid terlihat dari hasil penilaian para ahli, dalam penilaian para ahli di dalam penelitian ini terdapat tiga para ahli, ahli materi, ahli media/tampilan dan ahli bahasa. Dinyatakan valid modul matematika siswa berdasarkan materi (aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian dan aspek kontekstual), media/tampilan (aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi ukuran modul dan desain isi modul), dan penilaian berdasarkan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Berdasarkan hasil kepraktisan modul siswa yang dikembangkan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada saat uji lapangan terbatas. Berdasarkan data hasil dari angket peserta didik pada tahap uji coba lapangan terbatas, modul matematika siswa berbasis pendekatan kontekstual menggunakan ilustrasi komik mendapatkan jumlah skor 354 dari jumlah total maksimal penilaian 384, yang dipersentasekan menjadi 92,18% modul matematika siswa berbasis pendekatan kontekstual menggunakan ilustrasi komik yang dikembangkan dikategorikan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd 2. Heru, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pengembangan, model 4D, Kontekstual, modul
Subjects: Muhammadiyah
Matematika > Simulasi Matematis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:49
Last Modified: 07 Sep 2020 04:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.